Lagi, UMM Raih The Best School of Communications

Author : Humas | Kamis, 05 Februari 2015 16:30 WIB

PROGRAM Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mempertahankan posisinya sebagai Indonesia Best Schools of Communications and Management versi Majalah Mix. Penghargaan ini didasarkan hasil survei sepanjang tahun 2014 terhadap kampus di Indonesia yang memiliki Sekolah Komunikasi dan Manajemen setara S1 dengan status akreditasi A. Di tahun 2013, Komunikasi UMM juga meraih penghargaan yang sama.

      Ketua Prodi Komunikasi UMM, Sugeng Winarno, MA menyebut pengakuan publik ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kesungguhan Prodinya menjaga kualitas. Setelah mempertahankan nilai akreditasi A, prodi ini memang gencar melakukan pembinaan kemahasiswaan, menambah event untuk kreativitas mahasiswa, memperkuat mata kuliah praktikum serta memperluas jaringan.

Dikatakan, Komunikasi UMM memiliki tiga peminatan, yakni Public Relations (PR), Komunikasi Audio Visual (AV) dan Jurnalistik. Karena itu, selain pengembangan ilmu dan profesionalisme di bidang komunikasi, pihaknya juga mengoptimalkan kegiatan kemahasiswaan yang relevan dengan minat bakat di bidang komunikasi, seperti Jurnalistik Fotografi Club (Jufoc), Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom), Kelompok Pecinta Sinematografi Kine Klub, Public Relations (PR) Club, dan Journalistic Club (JC).            

“Alhamdulillah, secara umum Komunikasi UMM sudah sangat dikenal berkat alumni-alumninya yang sudah menyebar di berbagai posisi strategis, baik di media massa, di pemerintahan, perusahaan swasta maupun yang wiraswasta secara mandiri,” ungkap Sugeng. 

Tentang penghargaan ini, Sekretaris Jurusan, UMM Zen Amiruddin, menambahkan Mix Marketing Communication merupakan majalah komunikasi pemasaran berpusat di Jakarta yang setiap tahunnya mengupas sekolah-sekolah S1 ilmu komunikasi dan pemasaran terbaik di Indonesia. Metode yang dilakukan adalah wawancara pada stakeholders kampus, yang terdiri dari calon mahasiswa, para orangtua, serta praktisi human resource di berbagai perusahaan di Indonesia yang menggukan jasa lulusan perguruan tinggi yang disurvei.

      Dari 10 kampus di Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini, kata Zen, UMM merupakan satu-satunya kampus di Malang yang meraihnya. Selain UMM, kampus peraih Indonesia Best School of Communications 2014 yaitu Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi London School of Public Relations (LSPR) Jakarta, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Jakarta, dan Universitas Islam Bandung (Unisba).

      Dalam penentuan penghargaan ini, ungkap Zen, ada delapan variabel yang diukur, yaitu dari sisi reputasi, kualitas lulusan, kesesuaian antara biaya dengan manfaat yang diperoleh, kesetaraannya dengan perguruan tinggi berkualitas di luar negeri, fasilitas pendidikan, kontribusi sosial bagi lingkungan sekitar, rekomendasi, serta prestasi dan pencapaian-pencapaian yang sudah diraih. (rhe/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image