Laboratorium Agribisnis UMM Bekali Mahasiswa Praktik Kewirausahaan

Author : Humas | Selasa, 30 April 2019 09:11 WIB
Salah satu produk buatan mahasiswa. (Foto: Rizki/Humas)

Kompetisi dunia kerja yang semakin ketat membuat Laboratorium Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) serius mempersiapkan mahasiswanya untuk bisa bersaing dan kerja melalui peluang kewirausahaan. Salah satunya melalui bazar kewirausahaan yang digelar 29-30 April di lantai 3,5 GKB 1 UMM.

Melalui mata kuliah praktikum Kewirausahaan dan Etika Bisnis Jurusan Agribisnis serta Agropreneurship Jurusan Kehutanan, Laboratorium Agribisnis mengajak mahasiswanya untuk praktik berwirausaha dan memanajemen event bazar. Bazar tersebut dikelola sendiri oleh mahasiswa praktikum, mulai dari konsep hingga evaluasi.

“Sebelumnya mahasiswa sudah dibekali kemampuan direct selling di setiap minggunya. Dan diakhir mahasiswa diarahkan untuk mempelajari kebutuhan target market hingga dapat memanajemen event sesuai dengan kebutuhan target,” ungkap Dr. Ir. Rahayu Relawati, MM., Kepala Laboratorium Agribisnis Fakultas Pertanian Peternakan (FPP).

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan untuk Tetap Eksis di Era Distrupsi

Dengan mengangkat tema “Pesta Kebun”, segala produk hasil olahan pertanian dan perkebunan, mulai dari makanan, minuman, aksesoris hingga kosmetik ikut meramaikan bazar. Terhitung tujuh puluh stand dengan rincian 49 stand Prodi Agribisnis dan 21 stand Prodi Kehutanan memasarkan produk unggulannya.

“Kegiatan ini sebagai ajang bagi kita untuk berwirausaha yang baik, melatih mental, berlatih komunikasi, serta mengelola even. Tidak hanya mengkonsep sebuah usaha, tapi kita bisa turun langsung untuk mempraktikan ilmu yang kita dapat,” ujar M. Arifiyan Suseno, mahasiswa Prodi Agribisnis selaku Ketua Pelaksana bazar tersebut.

Lebih lanjut, Ary Bakhtiar, SP. Msi, Dosen Kewirausahaan dan Etika Bisnis mengatakan melalui even ini, FPP hendak membekali dan membentuk karakter wirausaha muda. “Di akhir even nanti, kita akan mengadakan evalusi. Kita akan mencari mahasiswa yang berpotensi dan akan kita support pinjaman modal,” ungkap Ary. (zak/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image