Kurangi Kecurangan lewat Sosialisasi Sertifikasi Guru

Author : Humas | Jum'at, 23 April 2010 13:26 WIB
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jumat (16/04), menjadi tuan rumah pelaksanaan Sosialisasi Sertifikasi dan Rekrutmen Asesor Tahun 2010. Sosialaisasi untuk Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 44 ini diikuti 150 peserta yang terdiri dari 96 dosen dari UMM dan 54 dosen dari berbagai kampus seperti, Unidha, Unisma, dan STKIP PGRI.

Sosialisasi dipimpin langsung ketua Tim Sertifikasi Guru 2010 Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG) Dikti, Prof. Dr. Ismet Besuki. Menurutnya, sertifikasi guru bertujuan untuk menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik profesional, meningkatkan proses dan hasil pembelajaran, meningkatkan kesejahteraan guru. “Selain itu juga untuk meningkatkan martabat guru dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu,” kata Ismet.

 Ismet menyayangkan sampai saat ini masih saja terjadi bentuk-bentuk kecurangan dalam sertifikasi ini. Salah satu contohnya ialah ditemukannya sertifikat yang menyatakan kelulusan, namun ternyata setelah diperiksakan ke LPTK tidak sesuai, peserta tidak lulus dalam sertifikasi. “Oleh karena itulah, sosialisasi semacam ini sangat perlu untuk dilakukuan, agar ke depannya nanti tidak lagi ditemukan bentuk-bentuk kecurangn seperti sekarang,” lanjutnya.

Asesor bertugas melakukan penilaian terhadap portofolio sesuai dengan mekanisme KSG /Ditjen Dikti. Dengan rekrutmen Asesor baru ini sangat diharapkan keseriusan dan kejujurannya dalam penilaian portofolio dan benar-benar mengemban tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan Sapta Etika Asesor yang telah ada. (trs/nas)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image