Kopertis Wilayah VII Jawa Timur Dorong UMM Jadi Konsultan Akreditasi

Author : Administrator | Senin, 13 Februari 2017 10:12 WIB

Berita UMM

Prof. Dr. Suprato, DEA (tengah) saat didaulat memberikan sambutan dalam penutupan workshop penilaian kinerja dosen UMM, Sabtu(11/2). (Foto: Rini)

BAIKNYA mutu pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadikan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah VII Jawa Timur mempercayakan UMM menjadi konsultan akreditasi bagi universitas swasta lainnya. Hal tersebut disampaika nKoordinator Kopertis Wilayah VII, Prof. Dr. Suprato, DEA dalam penutupan workshop penilaian kinerja dosen UMM, Sabtu(11/2).

Dalam pidato penutupannya, Suprapto menyatakan masih banyak Perguruan Tingggi Swasta (PTS) yang belum terakreditasi A. berangkat dari permasalahan tersebut, Kopertis melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan akreditasi PTS di Jawa Timur, salah satunya dengan diadakannya Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi PTS yang belum mendapat akreditasi A.

“UMM juga bisa melakukan bimtek untuk PTS yang belum mendapatkan predikat nilai A. Kan UMM sudah A,jadi diharapkan bisa menjadi konsultan akreditasi bagi PTS lainnya yang belum mendapatkan predikat tersebut,” papar Suprapto dihadapan 50 asesor UMM yang juga peserta workshop.

UMM sebagai PTS terakreditasi A sejak 2013 lalu, Kopertis wilayah VII Jawa Timur telahmempercayakan perbaikan mutu pendidikan tanpaperluadanyapengawasan yang ketat. “Mutu pendidikan di UMM sudah baik, maka dari itu untuk peningkatakan mutu kedepannya bisa dilakukan secara mandiri,” jelasnya.

Tidak hanya menjadi konsultan terkait peningkatan mutu akreditasi, UMM juga dapat menjadi pembicara di PTS yang masih berakreditasi B atau C. “Bisa nanti menjadi narasumber untuk peningkatan akreditasi di PTS lainnya di Wilayah Jawa Timur,” lanjutnya. 

Diantara penilaian akreditasi yakni jumlah penelitian yang telah dilakukan PTS. Di tahun 2016 lalu, sebanyak 1406 penelitian yang ditelurkan PTS se-Jawa TImur. Angka tersebut terus mengalami peningkatan pada paruh awal 2017 ini. Tercatat hingga Februari 2017, sebanyak 1739 penelitian yang dilakukan PTS sudah masuk data Kopertis Wilayah VII. “Dari sekian banyak penelitian, saya lihat penyumbang terbesarnya adalah UMM,” jelasnya.

Peningkatan secara kuantitatif tersebut, lanjut Suprapto,menuntut PTS di Jawa Timur untuk terus berbenah. “Kualitas yang sudah baik harus dibarengi dengan kualitas dosen dan fasilitas dari setiap PTS. Dalam rangka mengefesienkan sistem akreditasi jurusan dan evaluasi dosenseluruh PTS untuk mengembangkan sistem Informasi dan Tekhnologi,” tandasnya. (jal/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image