Koordinator Kopertis 7: AKU Penghargaan Bergengsi

Author : Humas | Kamis, 21 Mei 2015 10:46 WIB
Koordinator kopertis mendampingi Dirjen Dikti Kemenristek menyerahkan piala AKU pada rektor UMM, Rabu (20/5).

KOORDINATOR Kopertis 7, Prof Dr Suprapto, DEA meyakini penghargaan yang diberikan kepada perguruan tinggi swasta (PTS) cukup bergengsi. Terbukti, PTS di lingkungan Kopertis se Jatim terpacu untuk memperoleh Anugerah Kampus Unggul (AKU) yang diberikan setiap tahunnya.
 

      "Anugerah ini berhasil merangsang PTS berpacu dalam mengejar kualitas," ujarnya ketika di wawancarai di sela-sela Rakorpim PT Kopertis 7 di hotel JW Marriot Surabaya, Rabu (20/5).
 

      Menurut Suprapto, kriteria penilaian AKU sangat ketat mencakup semua unsur pengelolaan perguruan tinggi. Siapapun yang terpilih sebagai pemenang tentu memenuhi kriteria sebagai kampus unggul.
 

      Tahun ini kampus tetunggul AKU diraih Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Di posisi kedua dan ketiga diraih UK Petra dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. 
Selain kategori universitas, AKU juga dianugerahkan kepada institut, sekolah tinggi/ akademi dan politeknik.
 

      UMM merupakan kampus yang belum tergeser posisinya sebagai yang terbaik sejak pertama kali AKU diadakan, tahun 2008. Kampus yang terakreditasi institusi A ini dinilai paling kompetetif. Itulah sebabnya Kopertis berharap UMM lebih progresif dalam kompetisinya. "Harus berani bersaing bahkan dengan PTN sekalipun," kata Suprapto.
 

     Diakuinya memang masih ada dispartialitas antar PTS, tetapi motivasi untuk maju sudah mulai baik. Setidaknya jika dilihat dari kerjasama internasional.
 

     "Jangan sampai kerjasama itu hanya dilihat dari seminar di luar negeri. Tetapi harus benar-benar pertukaran, penelitian, pengembangan yang riil," tegasnya.
 

     Untuk itu, UMM katanya, harus terus konsisten memberi contoh kerjasama internasional itu. Di samping, harus terus menyeleksi dosennya secara ketat dan menjaga grafik penelitian dan pengabdian.
 

     Kopertis berharap, AKU menjadi ukuran untuk terus memacu daya saing PTS. Pihaknya akan terus menggelar penganugerahan ini hingga semua kampus swasta maju bersama. (nas)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image