Kompetisi U-11, Komitmen UMM Majukan Sepak Bola Indonesia

Author : Humas | Sabtu, 20 Oktober 2018 08:31 WIB
Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd, menerima trofi bergilir dari Radar Malang sebagai simbolis dimulainya gelaran kompetisi sepak bola U-11. (Foto: Aan/ Humas UMM)
KOMPETISI Sepak Bola U-11 Piala Rektor UMM 2018 secara resmi digelar. Kompetisi yang baru pertama kali digelar ini dibuka langsung Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko di stadion sepak bola Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (19/10) pagi. Sebanyak 96 club bersaing untuk merebutkan posisi pertama kompetisi ini.
 
Dalam sambutannya saat membuka acara, Sofyan sangat mengapresiasi upaya dan ikhtiar UMM dalam mendukung persepakbolaan Malang Raya dan tentunya Indonesia. “Terima kasih kepada UMM yang sudah sangat berupaya mewujudkan dukungannya. Inilah aksi yang nyata, luar biasa!,” ucap Sofyan.
 
Menurut Sofyan, pembibitan dan pembinaan dini menjadi hal yang penting untuk perkembangan dunia persepakbolaan Indonesia. Hal ini terwadahi dalam sekolah sepak bola (SSB). Namun begitu, untuk kompetisi sepak bola belum begitu banyak. Padahal kompetisi dapat mewadahi begitu banyak SSB untuk menguji kemampuannya.
 
Sementara itu, Harris Tofly, ketua pelaksana Kompetisi Sepak Bola U-11 Piala Rektor UMM 2018 menuturkan, bahwasanya begitu besar minat sekolah-sekolah sepak bola untuk mengikuti Kompetisi Sepak Bola U-11 di UMM. “Yang mendaftar ada 215 club. Namun yang kami terima hanya 96. Sangat besar antusiasnya,” jelasnya.
 
Ke-96 tim itu terbagi dalam 24 grup. Di mana setiap grup diisi 4 tim. Juara dan runner-up dari masing-masing grup berhak melaju ke babak selanjutnya. Mulai 48 besar hingga partai puncak yang digelar di hari Minggu (19/10) besok. Selain dari Jawa-Bali, tim-tim dari Indonesia Timur juga turut bersaing.
 
Terkait regulasi, sambung Harris, turnamen kali ini mengadopsi Piala Danone. Dengan aturan di antaranya, setiap tim memainkan 8 pemain dan berhak melakukan hingga 4 kali pergantian pemain. Setiap pertandingan digelar dalam durasi  2x15 menit.
 
Mengingat kompetisi ini merupakan ajang bagi anak-anak usia 11 tahun ke bawah, ukuran lapangan pun disesuaikan, yakni berukuran 40x60 meter. “Jadi, lapangan UMM kami bagi jadi dua bagian,” terang Haris, dosen Fakultas Hukum UMM yang juga pembina Sekolah Sepak Bola (SSB) UMM itu.
 
Sejumlah SSB dari Malang Raya yang sudah memiliki nama besar, seperti UMM, Akademi Arema, hingga Putra Jaya ambil bagian dalam kompetisi yang baru pertama digelar di Stadion UMM dan Merjosari ini. Lalu, ada pula tim-tim dari luar Malang, mulai dari Surabaya Bersatu, Pordes Jember, Mondoteko Rembang, hingga Bali FC. Tak mau kalah, tim dari Indonesia Timur juga turut bersaing.
 
Sementara ganjaran bagi pemenang, juara I Kompetisi Sepak Bola U-11 Piala Rektor UMM 2018 tak hanya berhak atas trofi. Tapi, juga beasiswa dari UMM dan uang pembinaan. "Kami akan tetap memberikan apresiasi untuk tim yang menduduki posisi 5, 6, 7, dan 8. Lalu, top scorer dan pemain terbaik,” kata dia.
 
Rektor UMM Dr. Fauzan M.Pd menyampaikan, ke depan pihaknya akan mengadakan kompetisi ini rutin dua tahunan. Ini adalah wujud komitmen UMM mendukung penuh olahraga sepak bola, sekaligus pembibitannya. “Kami akan tingkatkan kerjasama dengan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia, red.), baik di tingkat Malang Raya maupun Provinsi,” tangkasnya.
 
Visi SSB UMM sebagai penyelenggara utama kompetisi ini, kata Fauzan, sejalan dengan harapan adanya kompetisi ataupun turnamen sepakbola yang sportif, ramah dan damai. Dilanjutkan Fauzan, adapun kompetisi semacam ini sekaligus menunjukan kepedulian dan keseriusan berbagai elemen masyarakat dalam mewujudkan masyarakat yang sehat.
 
Kompetisi sepak bola, yang digadang sebagai turnamen kelompok usia dini terbesar tahun ini dibuka secara simbolis oleh Sofyan Edi Jarwoko dengan kick off dari tengah lapangan. Ketika bola ditendang, seluruh peserta kompetisi gemuruh mengejar bola tersebut dan memekikkan goal ketika bola berhasil masuk ke dalam gawang. (mir/can)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image