Keuntungan Taman Sengkaling UMM Diinvestasikan Kembali

Author : Humas | Sabtu, 23 Mei 2015 13:10 WIB

 

Foto udara salahsatu sudut Taman Sengkaling UMM. 

SEJAK di-take over oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), penghasilan Taman Sengkaling telah mengalami peningkatan angka kunjungan signifikan. Hal ini dikemukakan rektor, Prof Dr Muhadjir Effendy, MAP, seperti dikutip Bisnis.com, pekan lalu.

 

Meski demikian, UMM masih memiliki ambisi pendapatan tersebut untuk lebih besar lagi untuk diinvestasikan kembali ke taman rekreasi legendaris itu. Dengan investasi tersebut UMM akan terus membenahi dan menambah wahana Taman Sengkaling.

Pendapatan kotor pengelolaan Taman Sengkaling saat ini masih sebesar Rp 12 miliar per tahun, sedangkan pendapatan bersih berkisar Rp 6-7 miliar per tahun. “Dari pendapatan bersih itulah yang kami investasikan kembali untuk pembenahan dan penambahana wahana-wahana wisata di TR Sengkaling,” kata Muhadjir.

            Hingga saat ini, UMM telah menambah fasilitas food center dan melakukan pembebasan tanah seluas 26.000m2 untuk pengembangan obyek wisata tersebut. Selain itu berbagai wahana dan fasilitas juga telah dibenahi sehingga wajah Sengkaling semakin modern dan nyaman.

            Ke depan, kata rektor, Taman Sengkaling dikembangkan dengan konsep wisata edukasi. Kawasan taman ini akan terhubung dengan kampus UMM sehingga kelak kunjungan ke kampus dapat menjadi bagian dari paket wisata.

            “Pengembangan ini akan terus dilakukan hingga penghasilan dari Taman Sengkaling dapat mencapai Rp 20 Milyar pertahun,” kata rektor menyebut angka yang ditargetkan.

UMM termasuk kampus yang progresif mengembangkan unit bisnis. Sejak awal tahun 2000-an kampus ini memiliki tekad untuk semakin mandiri dalam memenuhi kebutuhan finansialnya. Tidak hanya itu, bisnis UMM juga dijadikan sebagai laboratorium lapangan bagi mahasiswa dan dosen serta untuk mengembangkan iklim  kewirausahaan. (nas)

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image