Ketika Siswa SD Diajar Seorang Profesor

Author : Humas | Jum'at, 03 Mei 2019 16:55 WIB
Prof. Dr. drh. Lili Zalizar, M.S., mengajarkan anak-anak dari SD. (Foto: Rino/Humas)
Tak terbayangkan sebelumnya oleh Prof. Dr. drh. Lili Zalizar, M.S., seperti apa jadinya jika seorang guru besar mengajar siswa sekolah dasar (SD). Pada perhelatan Kids on Campus, Kamis (2/5), di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Prof. Lili merasakan pengalaman tak biasa ini.
 
"Cara mengajar mahasiswa dan siswa SD terang berbeda. Tidak mungkin kita kasih teori yang berat-berat ke anak-anak, kan? Jadi sifatnya, ya, memotivasi saja. Bagaimana mereka mengenal seputar dunia peternakan, pertanian, dan perikanan. Menyenangkan," ungkap Prof. Lili. 
 
Meski senang, ia mengaku kewalahan harus melayani pertanyaan dan tingkah lugu anak-anak dari SD se-Malang Raya. Terlihat beberapa kali Lili harus mengkondisikan para siswa karena tak mengindahkan himbauannya. Beberapa yang lain menjawab pertanyaan dengan antusias.
 
"Pentingkah peternakan buat kita? Tentu saja penting. Karena binatang ternak mencukupi kebutuhan protein kita. Lantas, kenapa kita harus berternak? Karena dengan berternak dapat mencukupi kebutuhan bagi masyarakat banyak. Sehingga kita tidak impor," terang Prof. Lili.
 
Baca juga: Di UMM, Ratusan Siswa SD Diwisuda
 
Prof. Lili merupakan salah satu guru besar Fakultas Pertanian-Peternakan UMM yang concern pada peningkatan produktivitas ternak. Terakhir, ia melakukan riset untuk pengobatan dan pencegahan pada kasus mastitis dan menghasilkan produk krim anti mastitis.
 
Iwan You Ananda, siswa SD Muhammadiyah 9 Kota Malang mengaku senang bisa ikut menjadi mahasiswa sehari dan belajar seputar dunia peternakan, terlebih didampingi langsung seorang profesor. Siswa kelas enam ini sempat menggendong seekor anakan kambing. (can)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image