'KETIKA PEREMPUAN..' Potret Wanita Indonesia Modern

Author : Humas | Jum'at, 23 April 2010 14:25 WIB
Salah satu karya terbaik dari peserta pameran "Ketika Perempuan.."
           Anjungan Ken Arok, Perpustakaan Umum Kota Malang dipenuhi dengan 50 foto karya Anggota Muda Jurnalistik Fotografi Club (JUFOC), Universitas Muhammadiyah Malang. Pameran yang bertemakan “Ketika Perempuan..” ini merupakan bentuk apresiasi para fotografer muda kepada kaum perempuan Indonesia yang dewasa ini sudah banyak terjun ke berbagai bidang kehidupan.

Potret-potret perempuan dalam keseharian ini diantaranya adalah potret seorang guru perempuan di sebuah SD Kota Malang yang sangat serius dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang guru di usia yang tak lagi muda. Ia mampu menunjukkan bahwa perempuan pun mampu menjalankan tugasnya dan menghilangkan bias gender yang sejak dulu menghantui kaum wanita. Berbagai foto yang terpajang menyajikan beragam fenomena tentang perempuan, mulai dari potret sederhana seorang ibu rumah tangga, potret perempuan yang bekerja sebagai pengrajin keramik, buruh, pedagang kasar, tukang angkut sampah, tukang parkir, hingga pada seorang penyanyi papan atas Indonesia.

Fendy Suprastyo, ketua pelaksana pameran “Ketika Perempuan..”, mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya pameran adalah untuk mengangkat perempuan Indonesia dan sekaligus menunjukkan bahwa saat ini mereka tidak lagi terkungkung dalam bias gender seperti masa dulu. Pameran yang digelar pada 14-17 April ini juga didedikasikan pada seluruh perempuan dalam rangka menyambut hari Kartini 21 April mendatang.

Ketua Jufoc, Aris N. Hidayat, berharap dengan adanya pemeran ini agar mampu memotivasi dan menjadi batu loncatan bagi anggota muda Jufoc untuk terus berkarya. Klub Fotografi yang berdiri dibawah naungan Jurusan Ilmu Komunikasi ini memang sering mengadakan pameran-pameran foto baik di dalam kampus, wilayah Malang raya, maupun diluar kota seperti  Jogjakarta, Surabaya dan Jakarta. (trs/jss)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image