Kemah Nasional PTM se-Indonesia Garap Desa Bendosari Jadi Objek Ekowisata

Author : Administrator | Senin, 18 September 2017 13:37 WIB

Berita UMM

Kemah nasional perguruan tinggi Muhammadiyah se-Indonesia diawali dengan kegiatan seminar di UMM.

PERKEMAHAN Bakti Racana Muhammadiyah Nasional (Kembaramunas) ketiga yang dihelat di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi ajang Pramuka Pandega dari 23 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia meningkatkan kepedulian kepada masyarakat. Selama sepekan, 18- 23 September 2017, para Pramuka Pandega itu akan fokus menggarap Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang dijadikan objek ekowisata.

Kegiatan tersebut merupakan Program Kerja Dewan Racana Pangkalan UMM, dan hasil musyawarah Pandega PTM se-Indonesia tentang pelaksanaan Kemah Racana Muhammadiyah Nasional kedua di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada 24 September 2016 silam.

Tak sekedar dikemas dalam format perkemahan pada umumnya, kegiatan Kembaramunas 3 ini meliputi sejumlah kegiatan pengabdian Pramuka Pandega kepada lingkungan dan masyarakat Kabupaten Malang. Di antaranya pembekalan materi terkait bakti fisik dan nonfisik. “Peserta diberi persiapan materi tentang bagaimana pemanfaatan sumber daya alam yang tersedia di Desa Bendosari,” terang Ketua Pelaksana, Siti Nurahmah saat ditemui usai upacara pembukaan di Heliped UMM, Senin (18/9).

Pembekalan materi tersebut, imbuh Siti, nantinya diimplementasikan lewat keterlibatan peserta dalam pembuatan dan pengembangkan fasilitas untuk menunjang keindahan, kualitas serta nilai jual Kampung Ekowisata Bendosari. Salah satunya lewat penanaman beberapa tanaman pendukung di kawasan pohon pinus untuk dijadikan Taman Hutan Pinus. Tak hanya itu, peserta juga diberi edukasi tentang pemerahan susu sapi serta pengolahan limbah kotoran sapi yang nantinya akan dikembangkan menjadi biogas.

Gelaran tersebut sekaligus diadakan Seminar Nasiona bertajuk “Aktualisasi Peran Penegak Pandega dalam Pengabdian Masyarakat” yang menghadirkan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional Gerakan Pramuka, Prof. Dr. Suyatno, M.Pd., Dewan Kerja Penegak Daerah Jawa Timur, Binar Bintang Putra Ananta, S.Pd, serta anggota kehormatan Pramuka UMM, Syamsul Hadi, S.Pt. (can/han)  

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image