Jambore Fotografi Mahasiswa Nasional 2010 digelar di Malang

Author : Humas | Selasa, 03 Agustus 2010 07:08 WIB
Peserta jambore sedang menyimak materi sejarah Fotografi dari Seno Gumira Ajidarma

Jambore Fotografi Mahasiswa tingkat Nasional tahun ini digelar di Malang. Forum Komunikasi Fotografi Mahasiswa Malang (Forkom FM) sebagai tuan rumah mengusung tema “Malang Foto Festival”, dengan maksud memperkenalkan kota Malang dan Forkom FM kepada seluruh peserta yang hadir.

Selama tiga hari (23-25/7), peserta yang berasal dari seluruh Indonesia akan menjalani kegiatan, seperti pameran foto Ferante-Feranti, pameran foto Aremaniacs, dan pameran foto oleh alumni Forkom Fotografi dari beberapa kota. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan seminar dan workshop yang mendatangkan Seno Gumira Ajidarma, Denny Herliyanso dan Ng Swan Ti. Sedangkan acara talkshow dari dan oleh alumni Forkom FM.

Kegiatan hari pertama bertempat di Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), sedang hari kedua di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Puncak acara dalam rangkaian kegiatan ini adalah Rally Foto pada Minggu (25/7) dimana start dari balai kota Malang. Rally Foto lah lomba fotografi dengan cara menjawab teka-teki menggunakan sebuah visualisasi foto. “Berbagai peralatan fotografi sudah disiapkan sebagai hadiah bagi para pemenang lomba Rally Foto ini, mulai dari lensa tele, tas peralatan fotografi, tripod dan lain sebaginya”, ujar Harris Kurniawan selaku Ketua Pelaksana.

Jambore Fotografi 2010 ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin diadakan oleh forum pecinta fotografi se-Indonesia. Sebelumnya, Jambore Fotografi pernah digelar di Jogjakarta (2008) dan Bandung (2009). Maksud dari diadakannya jambore fotografi ini adalah menjadi wadah bersatunya komunitas-komunitas pecinta fotografi yang ada di seluruh wilayah Indonesia sehinnga diharapkan dapat terjalin hubungan yang erat antar fotografer, disamping sebagai ajang  membangun peluang kerjasama antar para peserta. “300 orang yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Diantaranya berasal dari Semarang, Bandung, Jakarta, Surabaya, Lampung, Makasar, Purwokerto, Solo dan Lombok”, urai Harris yang  aktiftis Jurnalistik Fotografi Club (Jufoc) UMM ini. (trs/jss)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image