Jalur Undangan Dibuka, UMM Siapkan Beasiswa

Author : Humas | Rabu, 07 Januari 2015 15:49 WIB

JALUR Undangan untuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali dibuka. Jalur ini dikhususkan bagi siswa berprestasi, baik dari sisi akademik (kurikuler) maupun minat-bakat (co-kurikuler). Pendaftaran dibuka 5 Januari dan ditutup 10 April 2015.

      Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMM, Dr Ermanu Azizul Hakim MT menerangkan, Jalur Undangan dimaksudkan untuk menjaring calon mahasiswa baru (Camaba) lebih awal sehingga dapat diperoleh siswa yang berkualitas.

      “Penjaringan sengaja dilakukan sebelum mereka lulus, agar bibit-bibit unggul segera memastikan untuk memilih UMM. Siswa dapat memilih semua program studi kecuali kedokteran,” ujarnya.

      Bagi yang menempuh jalur undangan karena prestasi akademik, disyaratkan mempunyai nilai rata-rata rapor minimal 75.00 sejak semester I sampai semester V. Khusus pilihan Farmasi, selain syarat di atas, nilai rata-rata mata pelajaran IPA dan Matematika minimal 75.00.

      Sementara itu jalur minat dan bakat diperuntukkan untuk siswa yang berprestasi di bidang olahraga, seni, karya ilmiah atau keagamaan minimal di tingkat Kota atau Kabupaten yang dibuktikan dengan piagam penghargaan atau sertifikat. Namun, jalur ini tidak diperuntukkan untuk program studi Farmasi.

      Untuk mendapatkan petunjuk dan formulir pendaftaran, bisa dilihat dan dilakukan secara online di http://pmb.umm.ac.id. “Jika ingin info lebih lanjut bisa langsung datang ke UPT-PMB UMM,” lanjut Ermanu.

      Hasil seleksi jalur undangan tahap pertama akan diumumkan pada 2 Mei 2015. Selanjutnya siswa yang lolos tahap pertama ini diharuskan mengikuti seleksi tahap kedua yaitu tes wawancara yang berlangsung pada 19 hingga 21 Mei. Khusus Fakultas Ilmu Kesehatan, selain mengikuti tes wawancara, juga diharuskan mengikuti tes kesehatan. 

      “Siswa yang diterima melalui jalur undangan ini akan mendapatkan beasiswa bebas SPP semester satu, kecuali di Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) yang mendapat beasiswa potongan 50 persen,” terang Ermanu.

      Lebih lanjut Ermanu mengatakan, bagi siswa yang belum berhasil di jalur undangan dapat mengikuti jalur reguler yang dibuka dalam tiga gelombang. Gelombang I dibuka 9 Maret hingga 9 Mei, gelombang II 14 Mei hingga 1 Agustus, sedangkan gelombang III 6 hingga 29 Agustus 2015. Ermanu merinci, jalur regular terbuka untuk semua program studi yang ada di 10 Fakultas dan 1 Direktorat Pascasarjana. (han)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image