IRO Minta Civitas Akademika Manfaatkan Beasiswa LPDP

Author : Humas | Selasa, 07 April 2015 15:13 WIB
PELUANG BEASISWA: IRO UMM membuka peluang beasiswa kepada civitas akademika UMM melalui beasiswa LPDP.
 

TAK kurang 400 peserta, terdiri dari mahasiswa, dosen, dan alumni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) hadir dalam sosialisasi beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Selasa (7/4). LPDP merupakan instansi pemerintah bentukan tiga kementerian, yakni Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan, dan Kementerian Agama. 

      “Tugas LPDP adalah mengelola dan mendistribusikan dana abadi yang ada di APBN dalam bentuk dana pendidikan yakni beasiswa,” ungkap Rizky Firmansyah, salah seorang peraih beasiswa LPDP dalam sambutannya di Aula BAU UMM. 

      Ia menuturkan, pada 2030 mendatang, Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu raksasa ekonomi dunia. “Untuk mengarah ke sana, perlu pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan jumlah tenaga kerja terdidik kita masih sekitar 55 juta orang. LPDP hadir untuk menjembatani masyarakat agar mencapai tingkat pendidikan yang tinggi,” kata Rizky.

      Senada dengan Rizky, Asisten Rektor Bidang Kerjasama Luar Negeri, Drs Suparto MPd berujar, adanya beasiswa LPDP ini sejalan dengan visi UMM, yakni internasionaliasi. “Cara internasionalisasi di UMM itu salah satunya dengan mengirim mahasiswa, dosen, maupun alumni ke luar negeri, baik untuk sekedar kunjungan, summer coursecredit transfer, atau beasiswa,” katanya.

      Suparto pun memberikan semangat pada peserta sosialisasi untuk mengejar pendidikan setinggi-tingginya. “Selagi muda dan masih menjadi mahasiswa, eksplorlah diri anda seluas mungkin, raih pendidikan setinggi-tingginya,” ucapnya semangat.

      Salah satu penerima beasiswa LPDP dari UMM, Dwi Wahyuningtyas juga memberikan motivasinya kepada peserta sosialisasi. Sewaktu mendaftar pertama kali, ia agak pesimis aplikasi beasiswanya akan diterima. “Saya lewati proses, mulai daftar di awal 2015 kemarin, kemudian ikut wawancara dan tes-tesnya, sampai pengumuman Maret kemarin ternyata saya lolos,” tutur Dwi yang juga dosen di Language Center (LC) UMM ini.

      Menurut Dwi, LPDP merupakan salah satu beasiswa yang paling lengkap di Indonesia. “Tak hanya memberikan dana pendidikan saja, namun kita dilatih nasionalisme, kepemimpinan, dan sebagainya. LPDP merupakan beasiswa terbaik yang sayang kalau kita melewatkannya,” katanya. (zul/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image