ILF Lahirkan Prestasi Internasional

Author : Humas | Selasa, 24 Maret 2015 20:38 WIB
REGENERASI: Setiap tahunnya ILF melakukan rekruitmen angota baru.
 

SEGUDANG prestasi diraih berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Salah satunya UKM International Language Forum (ILF) UMM.

      Berdiri sejak 2001, ILF membuat anggotanya mampu meraih prestasi di tingkat regional nasional, hingga internasional, Dalam setahun terahir misalnya, delegasi ILF pernah menjadi semifinalis Jogja Debating Forum Open Debate Tournament 2015, juara dan runner-up Maliki National Debate Tournament 2014, runner-up ESP Open Debate Tournament Brawijaya University 2014, top 10 breaking team pada Jogja Debating Forum Open Debate Tournament, dan semifinalis English Fiesta UMM 2014.

      ILF juga terbukti melahirkan anggota yang mampu bersaing di level internasional. Salah satunya yaitu Wan Oktavina Ekawati yang pernah berprestasi di Kanada, Kamboja dan Thailand. Sewaktu di ILF, Wan pernah menjadi adjudicator debate di Universitas Negeri Malang (UM), dan saat ini ia fokus mengajari teman-temannya di ILF tentang public speaking.

      Prestasi internasional yang diraih Wan yaitu delegasi Indonesia-Canada Youth Exchange Program di Kanada tahun 2011, konferensi di bidang perdamaian di Kamboja pada 2013, dan delegasi ASEAN Youth Exchange di Thailand tahun lalu. Ia berujar, semua prestasi yang diraihnya juga berkat pengalamannya di ILF, salah satunya melalui Rector Cup.

      Wakil Ketua ILF Alhamdu Ramadhan menyebut, Rector Cup yang saat ini sedang marak-maraknya di UMM merupakan ajang yang sangat tepat untuk melatih bakat-bakat anggotanya sebelum bersaing di kancah nasional maupun internasional.

      Untuk tahun ini, kata Alhamdu, tema Rector Cup yaitu Speak Up for a Better Indonesia. Melalui tema ini, peserta Rector Cup dituntut agar lebih mengerti isu-isu dalam negeri. Ada tiga kategori isu yang dilombakan, untuk pidato mengenai educatin, politics, dan environment, sedangkan untuk debat tentang religion, education, dan politics, terangnya.

      Dalam Rector Cup yang sudah diadakan pada 21-22 Maret lalu ini, para pemenang mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat yang disediakan dari Biro Kemahasiswaan UMM. (nis/zul/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image