Ikuti Ajang Bergengsi, PSM Gita Surya Raih Tiga Medali

Author : Humas | Jum'at, 06 Februari 2015 16:11 WIB

UNIT Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gita Surya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses meraih tiga medali di Festifal Paduan Suara Institut Teknologi Bandung (FPS-ITB) ke-28 yang diadakan pada 24 Januari hingga 1 Februari 2015 di Bandung. Digelar pertama kali pada 1968, FPS-ITB dikenal sebagai festival paduan suara tingkat nasional tertua dan bergengsi di Indonesia.

      Di ajang tersebut, PSM Gita Surya berhak membawa pulang medali emas pada kategori Lagu Rakyat Indonesia (Indonesian Folksong), serta dua medali perak masing-masing untuk kategori Paduan Suara Wanita (Equal Female) dan Lagu Klasik Campuran (Classical Mixed). Praktis, menurut ketua PSM Gita Surya, Yuda Triambodo, tim dari UMM meraih medali di seluruh kategori yang diikutinya.

      Selain tiga kategori tersebut, lanjut Yuda, empat kategori lain yang dilombakan dalam festival bertema “Harmony in Diversity” ini yaitu kategori Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Paduan Suara Pria.

      Kesuksesan PSM Gita Surya, terang Yuda, tidak terjadi begitu saja. Empat bulan sebelumnya, tim yang berada di bawah bimbingan pelatih Annas Dwi Satriyo ini telah memaksimalkan persiapan di tiga kategori yang diikuti dalam festival tersebut. Tim yang terdiri dari 46 penyanyi ini rutin melakukan latihan lima kali seminggu, ditambah choral clinic bersama pelatih tamu Budi Susanto Yohannes dan Yossafat Rannu Lempong.

      Lebih dari itu, Yuda menambahkan, untuk menunjang performance terbaik, sebulan sebelum keberangkatan, PSM Gita Surya mengadakan Pre-Competition Concert pada 28 Desember 2014. “Tujuan konser ini supaya bisa mengevaluasi persiapan tim sebelum kompetisi dimulai,” ujar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMM.

      Sementara itu, salah satu anggota tim PSM Gita Surya, Dicki Panji Wicaksono, menilai kesuksesan tersebut lantaran kedisiplinan yang dimiliki seluruh anggota tim. “Ada niat untuk sukses bareng-bareng, karena semuanya sama-sama memperjuangkan kebahagiaan dalam bernyanyi,” tandasnya.

      Sebelumnya, Dicki juga terlibat dalam berbagai kompetisi yang mengikutsertakan PSM Gita Surya, di antaranya yaitu saat menyabet Juara I pada Lompa Paduan Suara Tingkat Provinsi Jawa Timur yang diadakan oleh Kopertis dan Juara I pada Festival Paduan Suara di Universitas Negeri Jember. Keduanya berlangsung pada tahun 2014 lalu.

      Selain langganan prestasi regional dan nasional, PSM Gita Surya juga memiliki prestasi internasional, yaitu saat meraih medali perunggu untuk kategori Classical Mixed Voices di ajang Choral Busan Festival and Competition 2013 yang berlangsung di Busan, Korea Selatan. Saat itu, tim dari PSM Gita Surya bersaing dengan 20 finalis lainnya yang berasal dari Amerika, China, Hongkong, Rusia, Jepang, Korea Selatan, Philipina, Singapura, Taiwan, dan Thailand. (han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image