Harnold, "Calon Diplomat Muda" UMM yang Jelajah Beberapa Benua

Author : Humas | Senin, 14 Mei 2018 10:25 WIB
 
Menyandang gelar Sarjana Ilmu Politik (SIP) menjadi pacuan semangat yang lebih besar bagi Harnold, mahasiswa Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Wisudawan periode ke 88 yang akan mengenakan toga pada 12 Mei 2018 tersebut, telah 3 kali menjadi delegasi Indonesia pada Model United Nations (MUN) Conference yang merupakan kegiatan simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
 
Tidak tanggung-tanggung, bukan hanya sekali, pria asal Tarakan itu berkesempatan menjadi salah satu delegasi dari Indonesia di Jerman, Kanada, dan terakhir di Bangkok awal tahun 2018. Bahkan, pria yang aktif di klub UMM MUN ini juga mendapatkan penghargaan Honourable Mention saat di Jerman.
 
“Kita menyimulasikan bagaimana sidang PBB terjadi. Kita seolah-olah merepresentasikan negara kita seperti apa, jadi presiden, jadi diplomat, atau jadi menteri luar negeri membahas suatu isu,” ujarnya.
 
MUN sendiri merupakan ajang mengasah kemampuan seperti public speaking, debat, kerjasama tim, dan keterampilan menulis. Ia mulai aktif melakukan kegiatan-kegiatan yang menggiringnya ke luar negeri tersebut sejak berada di semester empat. "Itu awalnya coba-coba,”akunya.
 
Mulai dari sekedar coba-coba, Harnold kini justru sadar bahwa hadirnya berbagai peluang justru dari kenekatan niat untuk  menjajal sesuatu.“Karena ketika mendaftar lalu diterima, peluang untuk mundur itu akan hilang. Ini real saya rasain waktu di Kanada. Sampai di sana saya takut, mau gimana lagi masak mau pulang. Sehingga mau nggak mau saya harus jalani. Jadi cari kegiatan yang memang memaksa kita melawan rasa takut itu,” tambahnya lagi.
 
Kerap menjadi "diplomat muda" Harnold membagi tips yang menunjang aktivitas-aktivitas seputar dunia diplomasinya. Pria yang telah puluhan kali menjadi delegasi konferensi dan mengerjakan proyek internasional ini mengaku tidak suka membaca buku. Ia justru gemar membaca berita-berita online internasional.
 
“Saya buka portal berita seperti BBC, newspaper, dan itu saya download aplikasinya. New York Times juga untuk anak HI ini cukup membantu,” tutup mahasiswa yang bercita-cita segera melanjutkan studi Strata 2 nya melalui beasiswa Strata 2 nya di luar negeri ini.
 
Saat ini, setelah menyelesaikan studinya di UMM Harnold berencanakan untuk segera mengambil jenjang pendidikan selanjutnya dengan konsen baru yakni Politik Lingkungan. Pria yang sangat lekat dengan dunia politik ini mengaku sangat tertarik dengan isu lingkungan yang kini sudah mulai menjadi konsen banyak negara dan menurutnya Indonesia membutuhkan banyak ahli pada bidang politik lingkungan ini.
 
"Sekarang saya sedang fokus mempersiapkan jenjang master saya. Saya mau ambil Politik Lingkungan karena saya rasa Indonesia sangat butuh banyak SDM untuk konsen di bidang ini," tutupnya. (ani/ sil)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image