Hari Bumi, UMM Car Free Day

Author : Humas | Jum'at, 23 April 2010 13:46 WIB

 

 

Memperingati hari bumi, Kamis (22/4), ini kampus UMM steril dari asap knalpot. Hal ini terjadi karena di kawasan kampus III memang dijadikan area bebas kendaraan bermotor (car free). Akibatnya, lalu lalang kendaraan bermotor yang biasanya bersuara bising dan mengeluarkan asap dari knalpot, hari ini nampak sepi dan bersih. Yang ada hanya lalu lalang manusia, yang sebagian besar berseragam putih hitam. Maklum, hari ini masih musim Ujian Tengah Semester (UTS).

            Gerakan Car Free Day ini sudah dimulai sejak tahun lalu. Menurut ketua Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK), Drs. Wahyu Prihatna, M.Si, kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran lingkungan bagi sivitas akademika UMM. “Sekali setahun kita gugah lagi kesadaran kita, bahwa tanpa asap knalpot ternyata udara kampus sangat segar. Setidaknya bisa mengurangi efek pemanasan global,” terang Wahyu.

            Meski sosialisasinya mendadak, UMM berhasil membuat kampusnya benar-benar bersih dari kendaraan bermotor. Satu-satunya informasi yang disampaikan kepada warga kampus adalah melalui sms gateway sehari sebelumnya. Bunyi sms itu: “Memperingati Hari Bumi, Kamis (22/4), Kampus UMM menjadi kawasan Car Free Day. Parkir disediakan di luar kampus”.

            Dari kawasan depan kampus kendaraan di parkir sebelum menyeberangi sungai Brantas. Sedangkan di belakang kampus disediakan parkir di lahan parkir utara dan sekitar Rusunawa.

            Meski demikian, tidak semua warga kampus mengetahui informasi itu. Namun, karena di semua pintu gerbang ditutup aksesnya, mau tidak mau mereka memarkir kendaraannya di luar kampus. “Saya sih senang saja, lha setiap hari saya juga pakai sepeda pancal ke kampus biar sehat,” kata Sugeng Winarno, salah seorang dosen UMM.

            Wahyu menambahkan, kegiatan ini akan terus digalakkan pada tahun-tahun mendatang. Ke depan, akan ditingkatkan dengan larangan merokok di dalam kampus serta ditambah dengan kegiatan-kegiatan berwawasan lingkungan. (nas)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image