Hadiri Wisuda UMM, Panglima TNI Ajak Akademisi Bersinergi Bangun Ketahanan Negara

Author : Humas | Sabtu, 24 Februari 2018 15:44 WIB
Penyerahan cinderamata oleh  Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Rektor UMM Fauzan
UNIVERSITAS Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar perhelatan Wisuda ke-87 Periode 1 tahun 2018 hari ini, Sabtu (24/02). Sejalan dengan semangat UMM Student Today, Leaders Tomorrow hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.
 
Pada kesempatan kali ini, Hadi memberikan orasi ilmiah tentang 'Membangun Kemampuan Deterrence yang Sesungguhnya'. Pria asli Malang tersebut mengungkapkan, bahwa keterlibatan setiap warga negara khususnya akademisi, merupakan elemen penting dalam membangun sumber daya manusia yang berintelektual tinggi serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
 
"Salah satu pihak yang berperan dalam perkembangan industri pertahanan dalam negeri adalah saudara semua, para wisudawan dan segenap akademisi UMM," tandasnya.
 
Lebih dalam Hadi menjelaskan, pentingnya seluruh komponen menyelaraskan langkah  agar tidak ketinggalan teknologi, salah satunya dengan menggencarkan aktifitas penelitian dan pengembangan.
 
Untuk menunjang hal tersebut, agar lebih optimal dibutuhkan sinergitas antara TNI dengan seluruh unsur Penelitian dan Pengembangan (Litbang) lain seperti perguruan tinggi dan sekolah-sekolah.
 
Melanjutkan paparannya, Hadi mengingatkan kepada para akademisi dan wisudawan UMM bahwa saat ini kita telah memasuki era revolusi industri ke-4. Era ini telah merubah tata kehidupan manusia dalam berinteraksi dan berkomunikasi, memberikan manfaat yang luar biasa, namun juga sering menimbulkan kerawanan yang perlu terus diwaspadai oleh seluruh elemen karena teknologi menjadi serba canggih. 
 
Meski demikian Hadi percaya bahwa para akademisi termasuk mahasiswa mampu untuk turut mengambil peran dalam mengakselerasi kemajuan industri pertahanan Indonesia.
 
"Besar harapan saya bahwa wisudawan UMM dapat berkontribusi pada usaha-usaha pertahanan negara khususnya dalam membangun kemampuan deterrence yang sesungguhnya," tutup Hadi.
 
Dalam setahun, UMM melakukan wisuda sebanyak empat kali. Wisuda kali ini diikuti sebanyak 1.121 lulusan yang terdiri dari 26 lulusan Diploma 3;  1.015 lulusan Sarjana  Strata I;  73 lulusan Sarjana Strata 2; 7 lulusan Doktor Strata 3 dan 3 lulusan Program Profesi.
 (Humas UMM)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image