FPP UMM Jadi Panelis Konferensi Internasional di Washington

Author : Humas | Senin, 23 Maret 2015 12:20 WIB
Berita UMM
Dr. Damat, Dekan FPP UMM (tengah) Bersama Anggota CIES dan Mr Andre Lewis Senior Vice President Asia Chemonics (tengah) dan Bu Beth
 

Sejak tahun 2012 yang lalu, Universitas Muhamamdiyah Malang merupakan salah satu dari 25 PTN dan PTS terpilih yang telah melakukan kerjasama dengan USAID-Higher Education Leadership and Management Project (HELM). HELM bertujuan untuk mendukung dan melanjutkan reformasi Pendidikan Tinggi Indonesia, dengan fokus pada upaya  peningkatan kapasitas pengelolaan Perguruan Tinggi Indonesia (HEI). Melalui kerjasama dengan DIKTI, HELM akan menargetkan peningkatan kapasitas dalam empat bidang manajemen inti, yaitu (1) General administration and leadership; (2) Financial management; (3) Quality assurances; dan (4) Collaboration with external stakeholders.  Salah satu bentuk realisasi dari kerjasama tersebut adalah Program Riset Aksi (Action Research Program, ARP). Kegiatan tersebut diawali dengan pengiriman masing-masing 2 orang perwakilan dari 25 Perguruan Tinggi mitra untuk mengikuti workshop di berbagai Perguruan Tinggi di Philipina dan Thailand. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada bulan Oktober dan Nopember 2012 yang lalu.

 

Kegiatan tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan penyusunan rencana aksi,  impelementasi oleh masing-masing Tim Perguruan Tinggi mitra, monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Tim dari HELM-Chemonics Jakarta dan konsultan USAID dari Kentucky University, USA. Setelah melalui serangkaian evaluasi diskusi yang berkelanjutan, USAID-HELM menetapkan 4 universitas terpilih untuk mempresentasikan hasil kegiatan ARP tersebut di tingkat international pada acara Comparative and International Education Society (CIES) Conference di Hotel Hilton, Washington DC, USA, pada tanggal 7-14 Maret 2015. Kegiatan tersebut sepenuhnya disponsori oleh USAID-funded HELM Program dan Chemonics International. Keempat universitas terpilih tersebut adalah (1) Universitas Muhamamdiyah Malang (UMM), (2) Universitas Sriwijaya Palembang (UNSRI), (3) Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan (4) Universitas Andalas, Padang (UNAND). Adapun panelis yang dipilih oleh USAID-funded HELM Program dan Chemonics International adalah:

  1. Dr.Ir. Damat, MP, Dekan FPP-UMM
  2. Prof. Dr. Ir. Siti Herlinda, M.Si. (UNSRI)
  3. Dr. Heri Yanto Timan Notowiharjo (UNNES)
  4. Prof. Dr. Mansyurdin (UNAND)
     

Makalah yang dipresentasikan masing-masing panelis adalah:

  1. Improving Academic Quality by Developing an Active Learning System (UMM)
  2. Quality Assurance System Development to Create Research Centers of Excellence (UNSRI)
  3. Data-driven Policies to Improve Students’ On-Time Graduation (UNNES)
  4. Implementation of Student-Centered Learning Strategies to Improve Soft Skills and Employability for Graduates (UNAND)

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image