FPP UMM Gelar Pelatihan K3 untuk Cegah Resiko Kecelakaan Kerja

Author : Humas | Senin, 04 Maret 2019 10:56 WIB

 

Ir. Hariyanto M. Si. (Foto: Mirza/Humas)

Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Laboratorium Peternakan mengadakan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium dalam rangka menuju zero accident atau kecelakaan nihil, Sabtu (2/3) di Kapal Garden Hotel Malang, kompleks Taman Sengkaling UMM.

Ir. Hariyanto M. Si, konsultan ahli K3 dan Quality, Health dan Environment mengatakan, disiplin menjaga keselamatan tak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga meliputi keselamatan orang lain. “Misalnya alat-alat praktek perlu disimpan dengan baik. Juga pengadaan tempat khusus supaya penggunaan alat terjamin aman,” jelas Hariyanto.

Hariyanto juga menyampaikan pentingnya manajemen kepanikan saat ada bencana alam maupun kesalahan yang diakibatkan human error atau kesalahan manusia. “Rambu-rambu kerja seperti pintu keluar darurat harus jelas terpasang supaya ketika ada bencana tidak panik berlebihan mencari pintu keluar,” jelasnya.

Baca juga: Dosen Peternakan UMM Buat Krim Anti Mastitis untuk Ternak Sapi Perah

Pelatihan dihadiri sembilan perwakilan dari luar UMM. Di antaranya Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Laboratorium SMA 10 Kota Malang dan PT. Indolakto. Dari UMM, hadir perwakilan laboratorium Teknik Mesin, Kimia, Kedokteran. Nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat langsung dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Sementara, menurut Dr. Ir. Khusnul Khotimah, MP. MM., Kepala Laboratorium Peternakan, hampir setiap fakultas di UMM memiliki laboratorium. Namun program K3 dirasa belum masif diterapkan. Disebutnya, ada beberapa laboratorium yang perlu disertai dengan program K3 secara khusus, utamanya laboratorium eksakta.

Program K3 belum banyak diadakan. Padahal sektor kerja yang memerlukan program K3 sangat banyak. Karena laboratorium di UMM ke depan bukan saja diperuntukan bagi mahasiswa, tetapi juga untuk kepentingan umum. Seperti laboratorium Peternakan yang akan melakukan kerjasama dengan instansi lain untuk Inseminasi Buatan. (mir/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image