Fokus Sertifikasi Halal, ITP UMM Jaring UMKM dan Auditor Muda

Author : Humas | Sabtu, 20 Juni 2015 12:27 WIB

RANGKAIAN acara program studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), mulai dari Pelatihan Auditor Halal Internal bagi mahasiswa pada 25 Mei dan Seminar Pangan Aman-Halal pada 11 Juni usai dilaksanakan. Selepas dua kegiatan tersebut, ITP UMM melalui Pusat Kajian Makanan Aman dan Halal (PKMAH) terus mengawal sertifikasi halal terhadap produk pangan, obat-obatan dan kosmetika melalui jejaring Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan auditor muda.

      “Pada acara pelatihan bulan lalu yang mengikuti dari mahasiswa tingkat akhir dan ada dua UMKM yang terpilih untuk didampingi dan didaftarkan sertifikasi halal ke LP POM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia) Jawa Timur,” ujar Dr Ir Hj Elfi Anis Saati MP saat diwawancarai di ruang kerjanya, Sabtu (20/6).

      Berbagai acara tersebut dalam rangka diperolehnya program usulan pengabdian kepada masyarakat kepada tiga dosen ITP, yaitu Dr Warkoyo MP dengan judul “Ipteks bagi Masyarakat (IbM): Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM di Malang”, Dr Ir Hj Elfi Anis Saati MP dengan judul “IbM Usaha Kuliner/ Katering dengan Edukasi Manajemen Pangan Sehat di Pasuruan”, dan Dr Ir Damat MP dengan judul “Ipteks Bagi Inovasi dan Kreativitas Kampus (IbIKK) Roti dan Kue Kering Fungsional dari Pati Garut Termodifikasi yang Diperkaya Pewarna Alami Kaya Antioksidan”.

      Ia menambahkan, dalam seminar Pangan-Aman Halal bertema “Pentingnya Sertfikasi Halal: Prospek, Manfaat dan Peluang bagi Perusahaan serta Pengembangan IPTEKS dalam Menyongsong Pasar Global” pada 11 Juni lalu menghadirkan beberapa pemateri, yaitu Direktur LP POM MUI Jatim Prof Dr H Sugijanto MS Apt, Kepala QA Perusahaan Cleo Pandaan-Pasuruan Ibnu Affan STP, dan ketua Pusat Kajian Pangan Aman-Halal Dr Ir Hj Elfi Anis Saati MP.

      “Banyak pertanyaan kepada Profesor Sugijanto seputar upaya menjaring UMKM dalam memperoleh kuota gratis pendaftaran sertifikasi halal dari pemerintah daerah ataupun dinas terkait seperti Dinas Perindustrian dan Koperasi baik kota maupun kabupaten Malang. Sedangkan Ibnu Affan yang juga alumni ITP UMM lebih banyak menjelaskan pengalamannya sebagai auditor halal internal yang berjuang mengawal  mutu ISO (International Organization for Standardization) dan halal,” tutur Elfi yang pernah menjadi 10 dosen teladan tingkat nasional 2014 lalu.

      Selain seminar, dipamerkan pula beragam produk hasil UMKM, hidangan es krim gratis karya mahasiswa, serta belasan poster hasil penelitian dosen ITP. Dalam kesempatan ini dikenalkan pula produk minuman sari mawar hasil temuan Elfi sejak 2000. Roti yang menjadi konsumsi peserta bahkan merupakan produk dari University Farm (UF) UMM.

      “Semoga kegiatan pengabdian jurusan dapat menjadi pelecut semangat bagi para mahasiswa dan alumni dalam meraih prestasi dan memperkuat atmosfir entrepreneurship serta berani menjadi wirausaha yang handal nantinya,” harap Elfi. (zul/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image