FIKES dan RS UMM Go to ASEAN

Author : Humas | Jum'at, 27 Februari 2015 11:04 WIB

FAKULTAS Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang (Fikes-UMM) mulai menindak lanjuti kerjasama dengan mitranya di berbagai negara. Setelah memperoleh kunjungan dan program bersama di UMM, kali ini giliran Fikes UMM mengikuti program staff and student exchange di  Thailand. Kegiatan ini juga diikuti tim dari Rumah Sakit UMM.

      Dekan Fikes UMM, Yoyok Bekti Prasetyo, M.Kep. Sp. Kom, menuturkan program ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Fikes UMM dengan Khon Kaen University Thailand beberapa waktu lalu. Pihak Thailand sudah mengirim dosen dan mahasiswanya ke UMM. Kini giliran Fikes UMM mengirim mahasiswa Keperawatan, Dosen dan Kepala Bidang Keperawatan RS UMM ke Khon Kaen University dan Khon Kaen Hospital.

       “Untuk mahasiswa ada program credit transfer untuk mata kuliah Keperawatan Komunitas, dosen memberi kuliah di sana sedangkan staf RS UMM magang di RS untuk berbagi pengalaman dengan perawat setempat,” ujar Yoyok. Program ini berjalan secara kontinyu dan akan berlanjut Juni mendatang.

      Salah seorang delegasi UMM, Nur Lailatul Masruroh, MNS, optimis tukar ilmu dan pengalaman dengan Thailand sangat tepat. “Pendidikan keperawatan, khususnya keperawatan komunitas sudah sangat mapan di Thailand,” ujar lulusan Kasertrat University Thailand yang ditunjuk sebagai pimpinan delagasi UMM.

      Lebih lanjut dijelaskan, selama sebulan di Thailand, mahasiswa UMM akan memperoleh kuliah dalam kelas internasional dengan dosen dari Thailand, Cina dan Malaysia. Disamping itu mereka juga akan melakukan studi kasus dan studi visit yang didampingi para pakar. 

      Dihubungi lewat telepon, kepala perawat RS UMM yang ikut ke Thailand, Tiwuk Heriyati, Skep, Ners mengatakan sharing dengan kepala Kepala Bidang Riset Keperawatan Khon Kaen Hospital Thailand, menghasilkan banyak pengalaman. Antara lain tentang bagaimana mengembangkan rumah sakit pendidikan yang berbasis hasil penelitian atau evidence based practice.

      Dalam waktu dekat, kata Yoyok lagi, Fikes UMM juga akan mem-follow up kerjasamanya dengan Kasetsart University Bangkok Thailand, National Cheng Kung University of Taiwan, dan Angeles University Foundation Filipina. “Ini kita mulai goes to ASEAN dulu untuk persiapan menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN, red),” lanjutnya. Tidak hanya keperawatan, Fisioterapi dan Farmasi juga masuk ke dalam skema kerjasama tersebut.

 

      Di sisi lain, Fikes UMM juga siap menerima kehadiran dosen dan mahasiswa asing. “Konsekuensi kerja sama ini kita memang harus siap menerima mereka untuk studi maupun magang di sini,” ujar kepala International Relationship Unit FIKES UMM, Edy Purwanti, MNg yang juga alumnus dari Faculty of Nursing Flinders University Australia. (nas)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image