Festival Kebangsaan II UMM Dibuka Wapres Jusuf Kalla

Author : Humas | Sabtu, 06 April 2019 16:49 WIB
Wapres Jusuf Kalla memukul gong sebagai penanda dibukanya gelaran Festival Kebangsaan II. (Foto: Rino/Humas)

WAKIL Presiden (Wapres) Republik Indonesia Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla (JK) hadir dalam gelaran kedua kalinya Festival Kebangsaan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Sabtu (6/4), pagi ini. Jusuf Kalla hadir di Hall Dome UMM untuk membuka even perekat Kebhinekaan ini, sekaligus meresmikan lima infrastruktur baru di lingkungan Kampus Putih, UMM.

“Kehadiran kita pada gelaran Festival Kebangsaan kedua ini dalam rangka merevitalisasi visi kebangsaan di negara yang ditakdirkan oleh Allah subhanahuwata’ala penduduknya berbeda-beda,” sebut Rektor UMM. Dr. Fauzan, M.Pd. dalam pidato sambutannya di hadapan ribuan mahasiswa dan undangan dari berbagai unsur masyarakat dan latar belakang agama.  

Gelaran yang kedua ini, sengaja disertakan agenda peresmian pembangunan Gedung Kuliah Bersama (GKB) IV, Hotel Kapal Garden, dua jembatan, dan satu Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa). Bangunan dua jembatan dan satu Rusunawa ini merupakan bantuan pemerintah melalui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI).  

Keberadaan lembaga pendidikan tinggi harus menjadi variabel pendorong dalam merawat tradisi bersaudara, di tengah-tengah kemajemukan di antara kita. “Universitas Muhammadiyah Malang telah lama menyadari atas peran itu. Atas dasar itulah Festival Kebangsaan yang kedua kalinya ini dihadirkan di kampus ini,” ungkap Rektor Fauzan disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Baca juga: Konsep Kewirausahaan Sosial ini Bawa Alumnus UMM Terbang ke Amerika

UMM telah lama memiliki semboyan; dari Muhammadiyah untuk Bangsa.  Semboyan ini, sambung Fauzan, mengandung spirit bahwa apa yang diupayakan oleh UMM harus dapat dirasakan manfaatnya oleh semua golongan masyarakat yang ada di bumi ini. “Sekecil apapun yang dihasilkan UMM, didorong memiliki daya manfaat bagi masyarakat, tak terkecuali produk-produk riset,” katanya.

Oleh karenanya, dalam kesempatan ini juga digelar produk-produk riset mahasiswa dan para dosen, baik dari UMM maupun dari perguruan tinggi Muhammadiyah lainnya. Pagelaran produk riset ini dimaksudkan mengenalkan untuk direspon oleh pelaku usaha dan pelaku bisnis.  Wapres Jusuf Kalla juga turut melihat berbagai produk riset ini usai membuka secara resmi Festival Kebangsaan II.

Acara ini diselenggarakan dan didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI), pelaku dan pemilik perusahaan, dan Badan Musyawarah Gereja Kristen Malang Raya. Sementara yang hadir, selain mahasiswa, terdiri atas tokoh agama, tokoh etnis, tokoh organisasi, dan pejabat pemerintahan. (*/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image