FEB UMM Gelar Workshop Metodologi Penelitian dan Endnote

Author : Humas | Kamis, 02 April 2015 16:29 WIB

TUNTUTAN penulisan artikel ilmiah hasil penelitian yang harus dipublikasikan di jurnal internasional dijawab Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Bulan depan, tepatnya pada 12-13 Mei, FEB akan menggelar Workshop Metodologi Penelitian dan EndNote di Hotel UMM-Inn. Ketua Panitia Dr Ilhayul Ulum, SE, Msi, Ak, CA, mengatakan workshop ini bertujuan untuk bagaimana melakukan penelitian dan pemahaman serta penguasaan mendalam mengenai metodelogi yang baik serta mengunakan software EndNote untuk mendukung bagaimana nanti melakukan publikasi.

      EndNote merupakan software yang dapat mempermudah dan memastikan kecocokan naskah dengan daftar pustaka secara otomatis pada penelitian. “Di software ini peneliti juga dapat memilih style referensi daftar pustaka yang disediakan atau pun bisa juga membuat style-nya sendiri,” jelas Ulum. Ia sendiri juga membuat style yang bernama E.N.S untuk menyamakan style

      Software EndNote, kata Ulum, manfaatnya luar biasa. “Penelitian nantinya akan lebih kongkrit dan dapat mengurangi plagiat,” katanya. Sebaliknya, jika tidak menggunakan menggunakan EndNote potensi data tidak konsisten dan tidak cocok antara naskah dan daftar pustaka akan sering terjadi.

      Workshop ini nantinya akan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Mereka adalah Prof. Augusty Tae Ferdinand, MBA, DBA untuk metodologi penelitian kuantitatif, Dr. Ari Kamayanti, MSA, Ak, CA pada bidang Metodologi Penelitian Kualitatif, Prof. Imam Ghozali, M.Com, Ph.D, Ak, CA tentang analisis data dengan AMOS dan PLS. Selain sebagai ketua panitia, Ulum juga menyampaikan mengenai teknik sitasi dengan EndNote X7.

      Peserta workshop ini diharapkan diikuti dosen akademisi, mahasiswa Doktoral (S3), mahasiswa Master S2, pengelola jurnal ilmiah, serta peneliti di instansi (lembaga) penelitian. 

      Banyak hal akan didapat jika mengikuti workshop ini, seperti mendapatkan empat buku karya narasumber (Metode Penelitian karya Prof Augusty Ferdinand, AMOS  dan PLS karya Prof Imam Ghozali dan EndNote X7 edisi 3 karya Dr. Ihyaul Ulun), USB Flash Disk yang berisi software AMOS, IBM SPSS 21 Update PLS Regresi IBM SPSS AMOS 20, Smart PLS Graph, WarpPLS, VPLS, EndNote X7 dan Glosarium dan e-book yang berisi research method, statistics, grand theories, topik-topik IFRS, management, marketing, accounting, economics, ethics, filsafat, KBBI, dan EYD.

      Ulum berharap melalui workshop ini EndNote memperoleh hak cipta milik UMM. “Saya yang nulis buku ini, dan saya ingin ini menjadi milik UMM,” ujar Ulum saat ditemui di kantornya (2/4). 

      Menurut peraturan Jurnal Dikti Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Jurnal, per 2015, akreditasi jurnal tidak lagi menggunakan kertas jadi menggunakan paperless. Dikti mengakreditasi berdasarkan sistem yang bernama online journal system (OJS). Orang yang menulis jurnal harus menggunakan software sitasi (pengutipan) agar jurnalnya dapat diterima. Ada tiga software yang dapat digunakan, yakni Mendeley Desktop, Endnote, dan Zotero, dan EndNote merupakan salah satu software yang akan diangkat pada pelatihan nanti. (nis/nas)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image