Dosen Polandia Beri Kuliah Tamu ke Ratusan Mahasiswa Teknik Industri

Author : Humas | Jum'at, 26 Oktober 2018 12:31 WIB
Dr. inz. Emilia den Boer (kiri). (Foto: Mirza/Humas UMM)
SETIDAKNYA terdapat 2,12 miliar ton limbah global tiap tahunnya. Penumpukan limbah global membuatnya bergerak terbawa arus dan dapat mengotori lautan. Belakangan ini, mulai banyak perusahaan dengan konsep green company yang dapat melakukan efisiensi dan efektifitas dalam pengolahan limbah. Demikian, di dunia industri dikenal adanya konsep Zero Waste (tanpa limbah). 
 
Zero Waste sendiri merupakan konsep di mana produk atau limbah yang sudah diproduksi dapat didesain dan digunakan kembali. Konsep ini dirasa penting dalam proses efisiensi dan efektifitas dalam sistem industri yang erat kaitannya dengan teknik industri. 
 
Berangkat dari hal tersebut, Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menghadirkan dosen dari Wroclaw University of Science and Technology Polandia, Dr. inz. Emilia den Boer, Rabu (25/10). Kegiatan ini merupakan kuliah tamu bagi mahasiswa Teknik Industri dengan materi Manajemen Limbah dan Manajemen Teknologi. 
 
Emilia menjelaskan, bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi penghasil limbah di Indonesia. Di antaranya, angka pertumbuhan yang tinggi, musim buah, gaya hidup, mobilitas dan juga sisa makanan yang tidak diolah. “Indonesia menghasilkan limbah sebanyak 277 kg/capita setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan faktor-faktor tersebut,” imbuhnya. 
 
Sebelumnya, beberapa dosen teknik industri UMM juga diundang dalam kuliah tamu di Wroclaw University of Science and Technology Poland. Mereka di antaranya Dian Palupi Restuputri, St. Mt tentang Safety Engineering dan Shanty Kusuma Dewi, St. Mt tentang Reliability Engineering. 
 
“Ini merupakan kuliah tamu yang kami datangkan dari Polandia sebagai bentuk balasan dari dosen kita yang telah berangkat untuk memberikan kuliah tamu di sana,” terang Dr. Hj. Lailis Syafa’ah, MT, Wakil Dekan II Fakultas Teknik UMM. (bel/can)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image