Dosen Asing Jadi Terima Tamu Wisuda UMM

Author : Humas | Sabtu, 17 Oktober 2015 13:53 WIB
Para terima tamu dari doseng asing menyambut kedatangan Ketua BPH UMM, Malik Fadjar

PROSESI wisuda Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) hari ini (17/10) diwarnai pemandangan unik. Ini karena panitia melibatkan sejumlah dosen asing sebagai penerima tamu. “Kami ingin ada warna internasional,” kilah Pembantu Rektor II, Fauzan, yang memiliki ide agar mahasiswa dan dosen asing lebih banyak dilibatkan ke dalam semua kegiatan yang produktif. Tujuannya agar segera bisa beradaptasi dengan lingkungan dan budaya UMM.

            Pada wisuda kali ini, UMM mengukuhkan sejumlah sejumlah 1586 lulusan. Mereka terdiri dari 81 lulusan Diploma III, 1.434 lulusan Sarjana Strata I, 74 lulusan Sarjana Strata II (Magister), dan 1 lulusan Doktor Strata III. Beberapa di anatar wisudawan adalah mahasiswa asing. Jumlah tersebut terbilang ideal karena UMM melaksanakan wisuda sebanyak empat kali dalam setahun, sehingga rasio jumlah mahasiswa baru dan yang diluluskan mendekati setara.

                Rektor UMM, Prof Dr Muhadjir Effendy, MAP, dalam sambutan tertulisnya mengaku optimis lulusan UMM kali ini juga memiliki bekal percaya diri yang tinggi. Sebab, nama UMM diyakini mengandung magnet kuat karena memiliki reputasi sehingga dipercaya masyarakat luas. Terbukti pada setiap penerimaan mahasiswa baru peminatnya terus meningkat bahkan berlipat-lipat.

               

“Para wisudawan adalah orang yang sudah berhasil memenangkan berbagai tingkat kompetisi karena di UMM ini masuknya saja sudah harus bersaing ketat, begitu juga sebelum lulus harus dapat menunjukkan performans akademik terbaiknya,” kata rektor. Itulah sebabnya para lulusan diminta bersyukur dan memberikan yang terbaik untuk keluarga, umat, bangsa dan negara.

                Sementara itu, keterlibatan mahasiswa asing juga sudah terlihat sejak malam wisuda. UMM sengaja menggelar malam Seni dan Budaya (Maksidaya) setiap malam sebelum hari wisuda berlangsung. Pada acara yang digelar Lembaga Kebudayaan UMM di helipad, itu mahasiswa asing dari Ukraina, Republik Ceko, Romania, Spanyol, Bulgaria dan Amerika Serikat, ikut mengambil peran menampilkan kesenian Indonesia. Mereka menyatu dengan mahasiswa lokal dalam pertunjukan selalu dipadati penonton.

                “Selain untuk menyambut keluarga wisudawan, acara ini juga sebagai bagian dari kepedulian UMM terhadap pelestarian budaya Indonesia. Sedangkan mahasiswa asing yang dilibatkan ini akan menjadi bagian dari persiapan menyambut acara International Student Summit bulan depan,” terang Fauzan.

                Seperti dikatakan rektor dalam buku sambutannya, UMM akan menjadi tuan rumah 4th International Student Summit yang menghadirkan ratusan mahasiswa asing yang sedang studi di Indonesia. Acara yang bekerjasama dengan Dirjen Dikti ini antara lain melibatkan mahasiswa asing di UMM untuk menjadi panitia dan menampilkan performans budaya. (nas)

 

 

 

                 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image