Dialog Keluarga Kebangsaan: Orang Tua Masa Kini Wajib Update Perkembangan Sosial

Author : Humas | Minggu, 25 Februari 2018 12:04 WIB
 
 
Maraknya kasus kekerasan dan degradasi moral khususnya yang melibatkan anak-anak menjadi perhatian khusus beberapa pihak. Salah satunya ialah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pembinaan  Pendidikan  Keluarga yang secara khusus berkosentrasi pada edukasi keluarga, termasuk tentang kiat mendidik anak sejak janin hingga dewasa.
 
Seperti yang kita ketahui, dewasa ini orang tua dihadapkan dengan berbagai macam pilihan pola asuh anak. Mereka juga dibingungkan dengan tingkah anak yang sangat cepat berubah. Puncaknya, banyak orang tua yang lebih mempercayakan pengembangan karakter anak ke instansi pendidikan.
 
Fenomen tersebut dikritisi oleh Penasehat Dharma Wanita Kemendikbud Suryan Widati Muhadjir Effendy. Ia menyayangkan kepada keluarga yang menyerahkan sepenuhnya bimbingan pendidikan anak kepada instansi pendidikan.
 
"Jika sejak awal kita sudah mengasumsikan bahwa pendidikan itu adalah sekolah maka itu salah," jelas Suryan Widati pada gelaran Dialog Ketahanan Bangsa Berangkat dari Ketahanan Keluarga pada Sabtu (24/02) bertempat di Ruang Sidang Senat (RSS) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
 
Pada kesempatan yang sama, hal tersebut ditegaskan Ketua Umum Dharma Pertiwi Nanny Hadi Tjahjanto yang menyampaikan bahwasanya seorang ibu adalah tiang utama keluarga. 
 
"Ibu adalah tiang penegak sebuah keluarga," jelasnya.
 
Sebagai seorang perempuan dan ibu, Nanny menegaskan, wanita harus menjadi kuat untuk bisa mendidik putra-putri yang akan menjadi generasi penerus bangsa.
 
Selain itu, orang tua khususnya ibu, juga harus berani mengikuti perkembangan zaman. Dengan demikian, pola asuh yang tepat dapat diterapkan dan tidak akan ada perlawanan dari anak.
 
"Orang tua jaman sekarang itu harus dan wajib update dengan perkembangan di lingkungan sosial," tandasnya.
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image