Damkar Malang Simulasi Evakuasi Bencana di UMM

Author : Humas | Senin, 20 April 2015 11:20 WIB
Para anggota pemadam kebakaran kota Malang berdoa sebelum melakukan pelatihan, Jum'at (17/4).

UNTUK pertama kalinya, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi tempat pelatihan bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang. Mulai Kamis hingga Jumat (16-17/4), sebanyak 40 petugas yang terbagi dalam dua regu ini berlatih di danau UMM. Latihan ini juga melibatkan mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Divisi Mahasiswa Pecinta Alam (Dimpa) UMM.

Kepala UPT Damkar Kota Malang, Suharto ST menyebut, dipilihnya UMM karena kampus ini sangat representatif menjadi tempat pelatihan untuk evakuasi air, khususnya banjir. “UMM punya danau yang menunjang kami untuk latihan evakuasi ini,” kata Harto. Berbagai peralatan yang digunakan seperti perahu karet pun juga menyewa milik Dimpa. “Kami sendiri belum punya alat-alatnya, jadi beberapa kami sewa milik UMM,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, Damkar tidak hanya berfokus pada peristiwa kebakaran saja, namun berbagai bencana seperti banjir ataupun longsor, Damkar harus bisa ikut membantu penanganan bencana dan evakuasi korban jika harus dilakukan. “Kota Malang memang tidak berpotensi banjir besar seperti di luar kota, namun Malang harus mewaspadai juga mengenai bencana longsor yang rawan terjadi,” ungkapnya.

Pemukiman di Malang, tambahnya, kebanyakan berada di lereng-lereng gunung ataupun di pinggiran sungai. Sehingga jika terjadi hujan besar, sangat mungkin beberapa lokasi tersebut tergerus air hujan sehingga mengakibatkan longsor. “Mengingat Malang berada di dataran tinggi, kewasapadaan masyarakat harus ditingkatkan mengenai potensi bencana ini,” ujar Harto.

Ia berharap, melalui pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan para petugas Damkar untuk bekerja di segala medan bahaya yang akan dihadapi. “Pelatihan ini juga untuk meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat nantinya di lapangan ketika dibutuhkan,” kata Harto.

Pelatihan yang dilakukan oleh Damkar Malang juga menarik perhatian beberapa mahasiswa yang melewati danau UMM. Fandi misalnya, mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM mengaku ada hiburan tersendiri dari kehadiran Damkar ini.

“Saya kira ada kebakaran kok ada dua mobil pemadam di kampus. Eh ternyata lagi latihan disini. Lumayan bisa jadi hiburan dan bahan untuk hunting foto,” kata mahasiswa yang juga anggota Lembaga Semi Otonom (LSO) Jufoc UMM ini. (zul/nas)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image