Cetak Guru Profesional, PPG UMM Duduki Peringkat Tiga Nasional

Author : Humas | Jum'at, 08 Januari 2021 11:09 WIB
Para peserta PPG UMM yang telah menyelesaikan program (Foto: Istimewa)

Persentase kelulusan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menduduki peringkat tiga pada penyelenggaraan PPG Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Muhammadiyah tingkat nasional. Hal itu tertuang dalam surat yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) tentang hasil Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) tahun 2020.

Pada tahun 2020, tercatat ada dua program yang berjalan. Pertama, PPG dalam Jabatan yang dilaksanakan dalam empat angkatan.  Masing-masing angkatan berdurasi empat bulan.  Program ini tidak hanya bersumber dari APBN, tapi juga dari APBD. Total sejumlah 648 mahasiswa pada bidang studi PGSD, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Matematika telah mengikuti program ini. Kedua, PPG Prajabatan Mandiri yang dilangsungkan selama satu tahun.

Baca juga: Akuakultur UMM Inisiasi Kelas Profesional Industri Udang

Dr. Trisakti Handayani, MM selaku ketua Prodi PPG mengatakan bahwa ada beberapa perubahan dalam uji kompetensi tahun ini. Selain diadakan secara daring, ujian ini juga dilakukan dalam dua tahapan, yakni Uji Kinerja dan Uji Pengetahuan. “Ada komponen portofolio dalam pelaksanaan tahun ini. Situasi pandemi juga menyebabkan praktek mengajar dilakukan di sekolah asal masing-masing,” ungkapnya lebih lanjut.

Dalam rangka merespon sistem baru ini, prodi PPG menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk mahasiswa. Pelatihan tersebut berupa pembuatan video pembelajaran, penyusunan bahan ajar, penelitian tindakan kelas (PTK), dan penulisan artikel jurnal. Prodi PPG juga mendampingi dan memfasilitasi penulisan bunga rampai mahasiswa. Alhasil, sebanyak 22 buku bunga rampai telah terbit dan dikonsumsi publik.

“Itu adalah bentuk komitmen kita dalam mengantarkan para mahasiswa untuk lulus UKMPPG dan secara resmi menjadi guru profesional,” lanjut koordinator pelaksana PPG ini.

Baca juga: Peduli Sekolah Terdampak Pandemi, Mahasiswa UMM Turun Gunung

Di kesempatan yang berbeda, Dr. Poncojari Wahyono, M.Kes, mengapresiasi pencapaian yang sudah diperoleh. Sebab, selain menduduki peringkat tiga di antara LPTK Muhammadiyah, PPG UMM juga berhasil meraih peringkat ketujuh dari 61 PTN dan PTS penyelenggara PPG se-Indonesia.

Adapun persentase kelulusan PPG UMM secara nasional adalah 52,84%. Angka itu cukup jauh dibandingkan dengan persentase yang diraih oleh UMM. ”Kita patut berbangga karena persentase kelulusan peserta PPG UMM di atas angka kelulusan nasional. Kita menyentuh angka 71,5% dalam kelulusan program profesi guru tahun ini,” pungkas dekan FKIP UMM tersebut. (syi/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Muhammadiyah