Buka-Bukaan Resep Dapur, Begini Cara Bukalapak Bantu Kurangi Angka Pengangguran di Indonesia

Author : Humas | Kamis, 13 Desember 2018 12:48 WIB
AVP Public Policy & Government Relation Bukalapak, Bima Laga. (Foto: Mirza/Humas)
INDONESIA memiliki pondasi ekonomi digital yang besar dan kuat. Dikatakan AVP Public Policy & Government Relation Bukalapak, Bima Laga, hal ini terbukti dengan angka pengguna internet sebanyak 132,7 juta orang. “Internet Indonesia sangat potensial bagi bisnis online. Hal ini menjadi kekuatan baru dalam ekonomi. Juga dalam menekan angka pengangguran,” jelas Bima, Rabu (13/12) siang.
 
Namun, tak dipungkiri, dalam menekan angka pengangguran masih terdapat beberapa kendala. Salah satunya datang dari diri sendiri. “Terbukanya peluang berjualan di Bukalapak secara gratis, seharusnya dapat mengurangi angka pengangguran. Tetapi, tetap saja ada yang mengurungkan diri untuk memanfaatkan itu (berjualan online),” paparnya. 
 
Padahal, lanjut Bima saat menjadi salah satu panelis gelaran Kolokium Doktoral Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang (FEB UMM), berjualan secara online punya kelebihan tersendiri. Di antaranya tanpa modal buka toko fisik, modal promosi, dan banyak hal lagi. Selain juga, selalu tersedia 24 jam dan pasar yang tentu lebih luas serta tak terbatas. 
 
Melihat peluang ini, Bima mengatakan, Bukalapak memiliki beberapa resep untuk para penjual online pemula. Satu di antaranya resep customer driven mindset, yakni cara berjualan dengan menawarkan yang target market butuhkan, bukan yang bisa penjual produksi. Selanjutnya, tinggal mengembangkan produk dengan inovasi yang tiada henti dan berkelanjutan. 
 
Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Bukalapak di tahun kedua berdirinya hanya memiliki lima karyawan untuk mengurusi 10.000 UKM yang tergabung di Bukalapak.com. Bukalapak melihat pangsa minat dan kredibelitas orang Indonesia terhadap belanja online terus meningkat. Hingga pada tahun ke tujuh, Bukalapak memiliki 2.500 karyawan dan 3,5 juta Pelapak (penjual di Bukalapak). (mir/can)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image