BKBH UMM Beri Bantuan Hukum Gratis Warga Tak Mampu

Author : Humas | Kamis, 09 April 2015 17:53 WIB
KANTOR BKBH: Dua staf BKBH saat sedang bekerja di kantornya yang terletak di Masjid AR Fachruddin UMM Lt 1. 

SULITNYA menyewa pengacara dan membayar biaya perkara pengadilan bagi masyarakat tidak mampu membuat Badan Konsultasi dan Bantuan Hukum (BKBH) yang didirikan Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berkomitmen membuka akses keadilan bagi mereka. Lembaga ini menyediakan bantuan hukum, tidak hanya untuk warga UMM, namun bagi seluruh lapisan masyarakat.

      Bertempat di lantai 1 Masjid AR Fakhruddin UMM, warga yang dapat menunjukkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan beberapa persyaratan lainnya akan diberikan bantuan hukum secara cuma-cuma. “Tidak ada fee yang dikeluarkan klien untuk advokat, UMM mendanai seluruh aktivitas BKBH,” ujar Abdullah SH MH, salah satu staf BKBH.

      Lembaga yang berdiri sejak 1997 ini tidak hanya melayani klien dari Malang Raya, namun juga dari beberapa kota di Jawa Timur. “Sejauh ini, klien tidak hanya dari Malang Raya, tapi hingga Jombang, Kediri dan beberapa kota lainnya pernah kita layani,” papar Abdullah. Tak hanya melayani warga tidak mampu saja, BKBH juga mempersilakan klien yang mampu secara finansial untuk menggunakan jasa hukum lembaga ini.

      Tak hanya untuk masyarakat, bagi universitas, BKBH juga berperan penting, seperti untuk perizinan lahan, maupun masalah administrasi. Lembaga ini juga menjadi praktik magang untuk mahasiswa, dosen, maupun alumni FH dalam melakukan pengabdian masyarakat di bidang hukum. (dar/zul/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image