Awali Go International, IP UMM Kerjasama dengan KKU Thailand

Author : Administrator | Selasa, 08 Januari 2019 17:31 WIB
Mahasiswa Thailand (berbaju putih) siap menjalani kuliah di Prodi Ilmu Pemerintahan UMM. (Foto: Istimewa)
PROGRAM Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tengah melakukan upaya percepatan go international. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melakukan kerjasama dengan Khon Kaen University (KKU), Thailand, Selasa (8/1), di Gedung Kuliah Bersama (GKB) I UMM.
 
Bentuk kerjasama ini berupa Student Exchange atau pertukaran mahasiswa. Mahasiswa yang mengikuti program tersebut akan belajar selama 4 bulan. Mereka akan belajar tentang sistem pemerintahan Indonesia dan budaya Jawa Timuran. Dari UKK, ada 4 mahasiswa yang berkesempatan belajar di Prodi IP UMM.
 
Mereka adalah Kanarwut Duangin, Mintra Wongwirat, Sittisak Kaeothanmanukun dan Suparom Wongracha. Menurut Kanarwut Duangin, program ini memberi ia kesempatan mengenal Indonesia lebih dekat, serta belajar budaya di luar Thailand. "Saya senang bisa short course di Indonesia," tuturnya.
 
Sebelum resmi mengikuti seluruh rangkaian program, para mahasiswa Thailand tersebut disambut Dekan FISIP Dr. Rinikso Kartono, M.Si di Ruang Seminar FISIP UMM. Dalam sambutannya, Rinikso mengenalkan suasana lingkup UMM yang akan menjadi tempat belajar selama program berlangsung. 
 
Ketua Prodi IP, Salahudin, S.IP, M.Si, M.PA. menjelaskan bahwa kerjasama antara UMM dan KKU akan lebih diperkuat dengan kolaborasi riset bersama. Hal ini sebagai langkah konkret Prodi IP untuk go international. IP UMM juga mengirimkan 6 mahasiswa terbaiknya untuk Program Student Exchange ini. 
 
“Mahasiswa UMM juga belajar di Khon Kaen University Thailand selama satu semester,” katanya usai acara. Salahudin berharap dengan hadirnya program ini mahasiswa IP mampu belajar sistem belajar di luar negeri. Sehingga akan mendukung proses belajar yang lebih baik ke depan. (mir/can)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


1