Aplikasikan Program UMM Pasti, FPP UMM Gelar Pelatihan Softskill bagi Calon Wisudawan

Author : Humas | Senin, 12 Februari 2018 16:52 WIB
Kepala Bagian Kepegawaian Biro Hukum dan Kepegawaian UMM Zakarija Achmat tengah menyampaikan materi pada Pelatihan Soft Skill dalam Menghadapi Dunia Kerja Senin, (12/2) di Aula BAU UMM

Program UMM Pasti yang dicanangkan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Fauzan, pada pertengahan 2017 silam mulai direspon oleh seluruh civitas akademika UMM. Contohnya pada tingkat fakultas yakni Fakultas Pertanian Peternakan (FPP) UMM. Program yang memiliki tiga tujuan yakni, mahasiswa pasti lulus 4 tahun, mahasiswa pasti bekerja setelah lulus dan mahasiswa pasti mandiri tersebut diaplikasikan dalam prosesi yudisium di fakultas yang memiliki enam program studi ini.

Tepatnya pada rangkaian Yudisium FPP UMM Periode I tahun 2018, pihak fakultas menambahkan satu rangkaian kegiatan yakni Pelatihan Soft Skill dalam Menghadapi Dunia Kerja yang digelar pada Senin (12/2) di Aula BAU UMM. Dekan FPP UMM, David Hermawan mengungkapkan bahwa tidak mudah untuk merealisasikan program UMM Pasti ini. Ia menambahkan, ada beberapa unsur dari fakultas yang juga harus ikut mendukung program ini yakni kurikulum, dosen dan infrasturktur.

“Adanya pelatihan ini bertujuan untuk mewujudkan program bagian terakhir, yakni mahasiswa pasti mandiri setelah lulus,”jelas David.

Pemateri pelatihan, Kepala Bagian Kepegawaian Biro Hukum dan Kepegawaian UMM Zakarija Achmat menyampaikan bahwa dalam dunia kerja para calon wisudawan harus bisa melihat sesuatu hal dengan berbagai sudut pandang

“Karena biasanya, bukan kita yang tidak bisa menyelesaikan masalah, tetapi kita yang salah memilih sudut pandang dalam menyelesaikan masalah,” ungkap pemateri yang juga salah satu dosen Fakultas Psikologi UMM ini.

Salah satu wisudawan FPP UMM Periode I tahun 2018, Esta Juliana, mengaku cukup antusias dengan pelatihan softskill pra yudisium dan wisuda. Ia juga merasa pelatihan soft skill seperti ini sangat penting bagi para calon wisudawan yang akan segera menghadapi dunia kerja.

“Pelatihan soft skill semacam ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami sangat senang sebelum kami lulus fakultas memberikan fasilitas seperti ini kepada kami,” ujar calon wisudawan program studi Ilmu dan Teknologi Pangan UMM tersebut.

Pada akhir prosesi yudisium FPP UMM yang akan digelar pada 23 Februari nanti, juga akan diadakan gelar prestasi dari para wisudawan. Prestasi yang ditampilkan termasuk prestasi akademik dan non akademik dari 121 orang calon wisudawan yang akan disaksikan langsung oleh para orang tua wali calon wisudawan. (iel/sil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image