Indonesia | English | Arabic
Jumat, 25 Juli 2014
Anda di : UMM >> Berita >> Berita Persyarikatan Muhammadiyah

Berita Persyarikatan Muhammadiyah

UMS Perkuat Sistem Pendaftaran Mahasiswa

Kamis, 14 Maret 2013 | 23:09:22 WIB | Dibaca: 2488

facebook umm twitter umm delicious umm digg umm icon print preview 2439  icon pdf 2439  doc 2439 Berita Persyarikatan icon ps 2439

 

Surakarta - Dalam rangka seleksi penerimaan mahasiswa baru, Universitas Muhammadiyah Surakarta telah membuka test seleksi PMB. Test PMB yang sudah dimulai sejak Februari lalu mampu menarik banyak calon peserta didik dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berasal dari berbagai daerah.

Husni Thamrin, selaku panitia PMB UMS bidang Information Technology (IT) memaparkan, terobosan baru dalam mengenalkan UMS dan memberitahukan PMB kepada masyarakat luas adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. “Sistem One Day Service atau biasa disebut ODS Admission menjadi pilihan metode tes masuk UMS ”, tuturnya.

Sistem ODS merupakan sistem berbasis komputer dan teknologi informatika yang sudah diterapkan sejak tahun akademik 2004 / 2005 lalu. Dengan ODS, seleksi penjaringan mahasiswa baru dapat dilakukan hanya dalam satu hari, dari mulai pendaftaran hingga registrasi. “ODS dipercaya sebagai metode penjaringan mahasiswa baru yang valid”, paparnya baru-baru ini.   

Dirinya menambahkan, ketersediaan database soal dalam jumlah besar dan sudah direview menjadi salah satu parameter valid atau tidaknya metode tersebut. Selain itu, adanya Passing Grade (batas kelulusan. –red) pada setiap program studi menjadi acuan lolos atau tidaknya peserta tes tersebut.

“Pihak kepenitiaan PMB UMS juga telah menambah koleksi bank soal sehingga soalnya semakin variatif”, imbuhnya. Hal itu dilakukan untuk melakukan penyegaran dan pembaruan soal-soal ujian masuk agar pengacakan soal bisa lebih merata. “Banyak calon mahasiswa yang berkali-kali mengikuti ujian untuk bisa lolos di prodi yang ia inginkan. Dengan penambahan soal, soalnya pun tidak monoton dan tidak banyak kesamaan,” pungkasnya. (rsv)

 

Sumber Berita:http://ums.ac.id/berita/ums-perkuat-sistem-pendaftaran-mahasiswa




Terkomentari

    Agenda