Indonesia | English | Arabic
Minggu, 21 September 2014
Anda di : UMM >> Berita >> Berita Persyarikatan Muhammadiyah

Berita Persyarikatan Muhammadiyah

Mendorong Semangat Al-Maun, Aisyiyah - BKKBN Sumut Sinergikan Program Kerja

Senin, 11 Maret 2013 | 15:07:42 WIB | Dibaca: 1021

facebook umm twitter umm delicious umm digg umm icon print preview 2428  icon pdf 2428  doc 2428 Berita Persyarikatan icon ps 2428

MEDAN, 11 Maret 2013  – Aisyiyah sebagai mitra pemerintah berkomitmen untuk menciptakan generasi bangsa yang kuat, tangguh, berkualitas dan berprestasi. Cita-cita ini diaplikasikan Aisyiyah Sumut melalui kerjasama dengan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumut.

 

Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumut, Hj Elinita bersama rombongan, diantaranya Yuniar R Yoga SE (Ketua Majelis Kesehatan), Dra Azwinar Apt (Sekretaris Majelis Kesehatan), Mariana Husein SPsi (Bensahara Majelis), dan Hj Nuniek (Anggota Majelis Kesehatan), melakukan audensi ke drg. Widwiono MKes, sebagai Kepala Perwakikan BKKBN Sumut untuk menyamakan persepsi program, hari ini (11/3/2013), di Kantor BKKBN Jalan Gunung Krakatau Medan.

 

Drg. Widwiono MKes menyambut baik apresiasi dan dukung dari Aisyiyah Sumut yang membuka lebar untuk bekerjasama dalam membantu program pemerintah khususnya di bidang KB. Menurut Widwiono, kerjasama yang akan dijalankan dalam jangka panjang, menengah dan pendek. Untuk kerjasama jangka panjang, BKKBN – Aisyiyah akan merancang program sinergitas program. “Jangka menengah; akan melakukan pembinaan ke Kab/Kota kepada warga Aisyiyah dan simpatisannya untuk meningkatkan pelayanan KB.

 

Sementara jangka pendek; BKKBN akan melakukan semua pelayanan alat kontrasepsi KB di Kab/Kota yang ditunjuk oleh 

Aisyiyah, seperti Langkat, Deliserdang dan Serdangbedagai (Sergai),” katanya. Widwiono menambahkan, apabila pelayanan KB ini berhasil, maka Aisyiyah dan BKKBN akan meneruskan program kerjasama ini hingga ke tingkat kecamatan.

 

“Selama ini, kerjasama dilakukan kualitatif, di mana BKKBN hanya ikut menghadiri pertemuan, pelatihan dan rakerda. Namun, ke depan kita akan menjajaki kerjasama kuantitatif, di mana Aisyiyah dapat memberikan advokasi, KIE dan pelayanan KB kepada simpatisan dan warga Aisyiyah,” katanya seraya berharap, sinergi ini dapat mendukung pencapaian program pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang sejahtera dengan dua anak cukup.

 

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumut, Elinita mengungkapkan, sinergi program kerja di tahun 2013 bersama BKKBN Sumut akan dibawa dalam rakernas BKKBN Pusat dan Aisyiyah. “Program yang akan terealisasikan kelak dilanjutkan ke daerah-daerah,” katanya. Aisyiyah memandang, program KB perlu didukung oleh semua pihak. Dari kacamata Aisyiyah, program KB adalah program pengaturan jarak kelahiran anak untuk menciptakan generasi yang tangguh, kuat, berkualitas dan berprestasi yang sakinah.

 

Jelas Ketua PW Aisyiyah Sumut itu, Aisyiyah saat ini memiliki satu gerakan yakni menyeskan semangat Al-Mau’n, yakni semangat untuk mengangkat kualitas ummat yang saat ini masih dalam kondisi dhuafa. Semangat Al-Mau’n inilah yang akan dikembangkan terus oleh Aisyiyah melakukan aspek pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya, jelas Ellinita. Aisyiyah memiliki bidang Majelis Kesehatan yang akan bekerjasama dengan Majelis Tabliq organisasi Muhammadiyah untuk menyampaikan kesan dan dalil agama seputar pelayanan KB, agar program ini dapat diterima oleh semua pihak.

 

Untuk itu, Ketua Majelis Kesehatan Yuniar R. Yoga menjelaskan beberapa program yang sudah diinisasi pihaknya dalam hal kesehatan.

 

Turut hadir mendamping Kepala Perwakilan BKKBN Sumut saat menerima kunjungan audensi Aisyiyah Sumut, yakni Drs Datang Sembiring MPHR (Sekretaris), Hj Lucy Destriati (Kabid KB/KR), Irma Dimyati SE (Kabid KS/PK), Dra Rosmawati (Kabis ADPIN), HA Sofian Rangkuti SE MAP (Kabid Latbang) dan Dra Rabiatun Adawiyah MPHR (Kabis Dalduk). *** shd-mpisu




Terkomentari

    Agenda