Indonesia | English | Arabic
Minggu, 23 November 2014
Anda di : UMM >> Berita >> Berita Persyarikatan Muhammadiyah

Berita Persyarikatan Muhammadiyah

SMA Muhammadiyah 3 Kaliwungu Kendal Ajarkan Bahasa Korea

Minggu, 29 Juli 2012 | 15:59:38 WIB | Dibaca: 991

facebook umm twitter umm delicious umm digg umm icon print preview 1484  icon pdf 1484  doc 1484 Berita Persyarikatan icon ps 1484

KENDAL - Agar lulusan siap kerja, SMA Muhammadiyah 3 Kaliwungu, Kendal, membekali siswa dengan pendidikan tambahan. ”Selain pendidikan umum, siswa di sekolah kami juga diberi keahlian bersifat kecerdasan majemuk,” kata Kepala SMA Muhammadiyah 3 Kaliwungu, Agus Salim, S. Ag.  
Agus menjelaskan, bagi siswa yang memiliki kecerdasan bahasa, diarahkan untuk mengikuti ekstrakurikuler bahasa Korea atau Arab, sedangkan siswa yang punya keterampilan elektronik, dapat mengambil ekstrakurikuler robotika.
”Selain bahasa Inggris, siswa kami beri pilihan untuk menekuni bahasa Korea atau Arab.”
Sekolah yang beralamat di Jl Sekopek 130 Kaliwungu, Kendal, itu menerapkan bahasa Korea, karena di negeri Ginseng tersebut mempunyai kesempatan kerja yang luas disertai kompensasi bagi pekerja yang tinggi. ”Dengan menguasai bahasa Korea, siswa bisa bekerja setelah lulus sekolah. Di Kendal, bahkan di Jawa Tengah baru SMA Muhammadiyah 3 Kaliwungu yang memberikan pelajaran tambahan bahasa Korea. Guru bahasa Korea di sekolah ini, Nanang Muktiar SS, juga memiliki jaringan dengan perusahaan di Korea, sehingga dapat membantu lulusan mencari pekerjaan,” tutur Agus.   
Dia menambahkan, pendidikan bahasa Korea baru diterapkan sekolahnya pada tahun ajaran baru ini, sedangkan pendidikan robotika dibuka sejak setahun lalu. Dengan dibimbing guru teknologi informatika, Adrianto, A.md, siswa berhasil merakit robot mobil pengikut garis (line tracer). Hasil karya siswa kelas 10 ini diikutsertakan dalam lomba robotika tingkat nasional yang berlangsung di Patean, Kendal, baru-baru ini.
”Kami mengikutsertakan karya siswa tersebut dalam ajang serupa di Kuala Lumpur, Malaysia. Robot ini akan terus disempurnakan. Kami juga berencana menyediakan laboratorium kompetensi.” (fakhrudin/suaramerdeka)




Berita Terpopuler

Terkomentari