Indonesia | English | Arabic
Jumat, 31 Oktober 2014
Anda di : UMM >> Berita >> Berita Persyarikatan Muhammadiyah

Berita Persyarikatan Muhammadiyah

AKSI MENYAMBUT RAMADHAN 1433 H

Selasa, 24 Juli 2012 | 20:31:04 WIB | Dibaca: 941

facebook umm twitter umm delicious umm digg umm icon print preview 1458  icon pdf 1458  doc 1458 Berita Persyarikatan icon ps 1458

Banyak cara dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan, salah satunya dengan mengadakan aksi bagi2 jadwal imsyakiyah kepada masyarakat di sekitar kita. Seperti yang dilakukan para peserta didik SD MUTU Bilingual Fullday Karanganyar baru-baru ini. Mereka membagi-bagikan jadwal imsyakiyah Ramadhan 1433 H kepada para pedagang di pasar Karanganyar. Selain kepada pedagang, jadwal imsyakiyah yang dihisab oleh M. Ma’rufin Sudibyo anggota BHRD (Badan Hisab dan Rukyat Daerah) Kab. Kebumen ini juga diberikan kepada para pejalan kaki baik para pembeli di pasar maupaun orang yang hanya berlalu lalang di sekitar pasar.


Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengingatkan kepada kaum muslimin untuk memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai waktu beribadah kepada Allah dengan sebaik-baiknya. Selain juga untuk melatih keberanian para peserta didik SD MUTU untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Meskipun sepele, tidak semua anak berani memberikan sesuatu kepada orang tua dengan mengeluarkan kalimat-kalimat tertentu yang teratur. Oleh karena itu, dengan media ini anak2 belajar bersosialisasi dengan orang tua.


Pada saat membagikan jadwal imsyakiyah, para peserta didik SD MUTU Bilingual Fullday Karanganyar ini juga tidak lupa mengingatkan kepada orang yang diberi jadwal imsyakiyah untuk melaksanakan ibadah puasa. “selamat berpuasa Bapak/ Ibu” begitu kata anak2 SD MUTU. Para pedagang pasar tersebut banyak yang tersenyum melihat aksi anak-anak kecil yang berani bersosialisasi dengan orang tua. Mereka cukup antusias menerima jadwal imsyakiyah yang diberikan kepada mereka meskipun sedang sibuk melayani pembeli. Apa lagi sebelum anak2 pamit melanjutkan perjalanan, anak2 mencium tangan para pedagang pasar tersebut.


Sementara itu, menurut Heri Pramono kepala SD MUTU Karanganyar bahwa kegiatan ini selain untuk melatih anak-anak bersosialisasi juga untuk mengkampanyekan jadwal imsyakiyah yang tepat sesuai letak geografis jadwal tersebut. Jadwal yang telah disusun BHRD Kabupaten Kebumen salah satu jadwal imsyakiyah yang disesuaikan dengan letak geografisnya. Yang memperhatikan titik-titik elevasi, menggunakan ihtiyat sebanyak 2 menit. Umumnya jika datang bulan ramadhan jadwal imsyakiyah dijadikan sebagai media promosi suatu produk, tetapi tanpa mengoreksinya lebih dulu. Biasanya jadwal tersebut disusun hanya menambahkan 3 menit dari jadwal imsyakiyah untuk daerah Semarang dan sekitarnya. Semarang dan Kebumen jelas berbeda kodisi geografisnya misalnya ketinggian daerah Semarang dan di Kebumen jelas berbeda. Ketinggian tanah dari permukaan air laut, akan mempengaruhi sunset (matahari tenggelam). Oleh karena itu, sangat disarankan kepada masyarakat untuk menggunakan jadwal imsyakiyah yang telah disusun oleh BHRD Kabupaten Kebumen jelas Heri Pramono.


Namun demikian, setepat apapun jadwalnya jika jamnya tidak disesuaikan dengan WIB (Waktu Indonesia Barat) maka penggunaan jadwal menjadi tidak tepat. Oleh karena itu, ada 3 cara untuk menyesuaikan (sinkronisasi) waktu sesuai WIB yaitu pertama disinkronkan dengan jam Radio Republik Indonesia (RRI), kedua disingkronkan dengan Radio BBC ketika berita, ketiga kita bisa menghubungi nomor 103 menggunakan pesawat telphon atau dengan nomor fleksi (bukan HP).




Terkomentari

    Agenda