Indonesia | English | Arabic
Sabtu, 25 Oktober 2014
Anda di : UMM >> Berita >> Berita Persyarikatan Muhammadiyah

Berita Persyarikatan Muhammadiyah

Sosialisasikan Bahaya Merokok, MPKU Muhammadiyah Launching C2C Champaign

Rabu, 30 Mei 2012 | 16:15:58 WIB | Dibaca: 1634

facebook umm twitter umm delicious umm digg umm icon print preview 1196  icon pdf 1196  doc 1196 Berita Persyarikatan icon ps 1196

Jakarta-  Bertempat di Aula Kampus UHAMKA Limau Jakarta selatan, BEM FIKES Uhamka dan MPKU (Majelis Pembinaan Kesehatan Umum) PP Muhammadiyah mendeklarasikan Program C2C Champaign. C2C Champaign adalah program sosialisasi tentang bahaya rokok dan juga sosialisasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok di lingkungan kampus Uhamka. Dr.Dra.Hj. Emma Rachmawati , M.Kes selaku Dekan fakultas Ilmu kesehatan Uhamka secara simbolis melakukan launcing program C2C ini dengan memberikan pin kepada mahasiwa yang menjadi voluenter C2C  Champaign ini.

Menurut Tim Pengendalian Tembakau MPKU PP Muhammadiyah, Fauzi Ahmad Noor, Program C2C atau Class to class ini dilaksanakan serentak di semua kelas perkuliahan Kampus Uhamka dengan melibatkan sekitar 40 relawan dari mahasiswa yang sebelumnya telah di training oleh Majelis Pembina Kesehatan Umum ( MPKU ) PP Muhammadiyah. Tugas dari relawan adalah menyampaikan bahaya rokok dan sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok  ke semua kelas yang ada perkuliahan dalam waktu yg sangat pendek sekitar 7 menit. "Gerakan C2C ini merupakan gerakan yang yang akan terus di gencarkan dalam setiap tahunnya terutama untuk mahasiswa baru yang baru masuk supaya paham tentang kebijakan Kampus yaitu Kawasan Tanpa Rokok. Universitas Uhamka Jakarta menjadi salah satu kampus Muhammadiyah yang sangat ketat dalam menerapkan Kawasan Tanpa Rokok di lingkungan kampusnya," jelasnya di kampus Uhamka Rabu (30/05/2012).

Wakil Rektor III Universitas Uhamka  DR. H Gunawan Suryoputro, M. Hum. Dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa atas dilaunchingnya program C2C Champaign ini. Kedepan, menurut Gunawan Suryoputro, program C2c ini harus di jadikan lembaga di Kampus Uhamka sehingga akan terus menjadi lembaga resmi yang didanai oleh kampus dan bukan sekedar gerakan incidental saja.

Mewakili BEM Fikes Uhamka Gita Listya selaku Panitia yang juga koordinator C2C Champaign menyampaikan bahwa program ini merupakan sebuah program yang menarik dan penuh tantangan karena melatih kemampuan dan keberanian mahasiwa untuk bisa tampil di depan publik untuk memberikan penyadaran akan bahaya rokok dan sosialisasi kebijakan Kdi kampus Uhamka kawasan Tanpa Rokok. "Tim C2C sekarang ini adalah tim C2c angkatan pertama dan akan dilanjutkan lagi perekrutan untuk angkatan kedua dan seterusnya terutama dalam persiapan penerimaan mahasiwa baru yang akan dating sebentar lagi," ungkap Gita.

Dalam acara Launching ini juga diadakan Diskusi  Publik “ Merokok Bukan HAM “ dan bedah  film “Sex Lies and Cigarettes” dalam  rangka hari Tanpa Tembakau se-Dunia 31 Mei 2012 yang menghadirkan narasumber Tubagus Haryokarbiyanto, SH dari FAKTA dan Solidaritas Advokat dalam pengendalian Tembakau dan juga Endang Surachman dosen FIKES Uhamka.(mac)




Terkomentari

    Agenda