Peneliti Kembangkan Alat Mungil untuk Sterilisasi Air dari Bakteri

Author : Administrator | Kamis, 25 Agustus 2016 12:51 WIB

Para peneliti mengembangkan sebuah alat kecil seukuran prangko yang mampu membunuh 99,99 persen bakteri yang ada di air dalam waktu 20 menit.

Peneliti Kembangkan Alat Mungil untuk Sterilisasi Air dari Bakteri
Ilustrasi air mineral (Thinkstock)

Secara alami, air yang terkontaminasi mampu disterilkan oleh cahaya matahari akibat sinar UV yang mampu membunuh bakteri dan butuh waktu 48 jam untuk melengkapi prosesnnya. Namun, alat ini memanfaatkan spektrum yang lebih luas dari sinar matahari untuk mempercepat kerja sterilisasi itu.

“Alat kami terlihat seperti kaca hitam persegi panjang,” jelas kepala penelitian Chong Liu dari Stanford University. “Kita hanya memasukkannya ke dalam air dan meletakannya di bawah matahari, dan  matahari mampu menyelesaikan semuanya.”

Sinar matahari mampu menggerakan elektron dalam alat tersebut  menggunakan molybdenum disulfide yang mampu menciptakan reaksi pada air tersebut.

Hidrogen peroksida dan disinfektan lainnya berkembang dari reaksi ini, yang mampu bekerja membersihkan bakteri dalam air.

“Ini benar-benar bekerja. Perhatian kami adalah menemukan cara mengatasi masalah polusi sehingga orang-orang bisa hidup lebih baik lagi," ungkap Liu.

Teknologi ini mampu bersaing di pasaran, karena molybdenum disulfide sangat murah diproduksi. Dengan demikian sterilisasi air akan menjadi hemat.

Sumber: http://nationalgeographic.co.id/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1