Manusia Penjelajah Nol Gravitasi Pertama Meninggal Dunia

Author : Administrator | Jum'at, 09 Desember 2016 08:51 WIB

Berita Ilmiah

Oleh : Endah Lismartini, Agus Tri Haryanto

Astronot Amerika Serikat, John Glenn (www.nasa.gov)

 

VIVA.co.id – Mantan astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) John Glenn meninggal dunia di usianya yang ke-95. Glenn merupakan astronot Amerika pertama yang berhasil menembus nol gravitasi, tepatnya di orbit Bumi.

Nama Glenn makin tersohor, ketika ia berhasil mengelilingi Bumi pada 1962 menggunakan kapsul Friendship 7. Jasad Glenn rencananya akan dikebumikan di Airlington National Cemetery, Virginia.

"Meskipun ia telah melonjak jauh ke luar angkasa dan ketinggian Capiton Hill, hatinya tidak pernah berhenti dari akarnya, Ohio. Semoga berhasil, John Glenn!," ujar Gubernur Ohio, John Kasich mengenai kepergian Glenn seperti dikutip dari BBC, Jumat, 9 Desember 2016.

Glenn sendiri merupakan anak dari keluarga sederhana, di mana ia merupakan anak tukang ledeng dan guru yang lahir pada tahun 2921 di Cambridge, Ohio, Amerika Serikat. Ketika masa kecilnya, ayah Glenn mengingat betul bagaimana Glenn yang bermain di halaman rumahnya dengan melebarkan kedua tangannya sambil mengitar sekitarnya. Glenn bertingkah seolah-olah ia menerbangkan pesawat.

Saat dewasa, Glenn menikah dengan kekasih masa kecilnya yang bernama Annie Castor. Pernikahan tersebut melahirkan dua anak, bernama David dan Lyn. Selama masa hidupnya, Glenn tak hanya mengurusi soal antariksa. Pada tahun 1974, ia menjadi politikus dari Partai Demokrat dan terpilih menjadi Senat AS yang ia pegang selama 24 tahun lamanya.

Bahkan, Glenn yang meraih enam penghargaan Distinguished Flying Crosses ini sempat menjadi pilot pesawat tempur dengan bertugas di Perang Dunia II dan Perang Korea, sebelum ia bergabung dengan NASA. Selama dua konflik tersebut, Glenn berhasil menjalankan 150 misi.

Bergabung dengan NASA, prestasi Glenn semakin mentereng dengan ia menjadi astronot yang meluncur di Cape Canaveral pada 20 Februari 1962. Glenn menghabiskan sekitar lima jam di luar angkasa dan mampu mengelilingi dunia tiga kali. "Nol G (gravitasi) dan saya merasa baik-baik saja," ucap dia ketika itu.

Mangkatnya Glenn pun menyita perhatian Presiden Amerika Serikat Barrack Obama. Presiden dua periode negeri Paman Sam itu menyampaikan duka cita yang mendalam mengenai kepergian Glenn.

"(Glenn) telah menghabiskan hidupnya dengan mematahkan segala hambatan," ucap Obama dalam pernyataannya. (ase)

Sumber: http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/857668-manusia-penjelajah-nol-gravitasi-pertama-meninggal-dunia
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image