Mahasiswa UMM Membangun Aplikasi Pengaduan Masyarakat

Author : Administrator | Senin, 11 Januari 2021 11:36 WIB | VIVA News - VIVA News
Penggunaan Aplikasi ke salah satu warga Perumahan Terusan Titan
 

VIVA – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui kegiatan mahasiswa KKN dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) “Bhaktiku Negeri” turut terjun ke masyarakat untuk ikut serta dalam melayani warga.

Kegiatan pelayanan ini berupa pembuatan sistem yang mempermudah masyarakat Terusan Titan untuk melaporkan terkait pengaduan kepada RT/RW setempat kapanpun dan dimanapun. Ide ini diusulkan oleh mahasiswa UMM, Muhammad Iqbal Ramadhan sebagai perwakilan dari kelompok 50 PMM gelombang 13 di bawah bimbingan Dosen Lapangan, Nur Hayatin, S.ST.,M.Kom.

"Di era yang serba digital ini, bukan tidak mungkin untuk selalu meningkatkan layanan untuk masyarakat melalui pemanfaatan teknologi. Salah satunya adalah pembuatan aplikasi pengaduan yang dapat diakses melalui web atau maupun ponsel pintar.” ungakap Iqbal yang merupakan mahasiswa aktif di program studi informatika UMM.

“Hal ini tentunya dapat mendorong partisipasi masyarakat berperan aktif pada lingkungan sekitarnya, contohnya seperti persoalan sampah, maupun sosial. ", lanjutnya.

Ide sistem ini muncul pertama kali karena sebelumnya masyarakat hanya bisa melakukan pengaduan dengan cara datang ke rumah perwakilan warga(Rw/Rt).

Namun, terkadang ketika ingin melakukan pengaduan, orang yang bersangkutan tidak ada di rumah, sehingga sulit untuk dibicarakan secara langsung. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Oleh karena itu, muncullah ide dalam mempermudah kegiatan tersebut dengan pembuatan.

Perwakilan warga dapat meningkatkan kerja sama untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik dan kenyamanan untuk bersama. Sistem website ini disambut baik dan antusias oleh Kepala RT Terusan Titan, Bapak Sulis pada awal perizinannya. Serta telah dilakukan serah terima secara simbolis kepada warga pada tanggal Jumat, 1 Januari 2021.

Sumber: https://www.viva.co.id/vstory/teknologi-vstory/1338355-mahasiswa-umm-membangun-aplikasi-pengaduan-masyarakat?medium=home&link=terbaru
Shared:
Shared:

Berita Terpopuler

Muhammadiyah