Permen Susu Kambing Etawa Hasil Kreasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Author : Administrator | Kamis, 28 Juli 2016 09:44 WIB | Tribun News - Tribun News

UMM dalam Berita Koran Online

Produk permen susu kambing etawa buatan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

SURYAMALANG.COM, BATU - Potensi susu kambing etawa di Dusun Beru RT 02/RW 06, Desa Bumiaji, Kota Batu dimanfaatkan oleh Kelompok KKN PPM 154 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Mereka menerapkan Intergrated Farming System Kambing Etawa.

"Susu kambing etawa kami manfaatkan menjadi permen susu," jelas Khoerul Anam, mahasiswa jurusan Peternakan UMM yang menjadi koordinator desa (kordes) dalam rilis yang dikirim ke SURYAMALANG.COM, Kamis (28/7/2016).

Untuk itu, mahasiswa memberikan bimbingan pembuatan permen susu kepada kelompok PKK. Memilih permen susu kambing adalah sebuah inovasi. Sebab biasanya permen dibuat dari susu sapi.

Padahal, katanya, susu kambing memiliki nutrisi yang lebih lengkap dibanding susu sapi. Selain itu, susu kambing memiliki banyak kelebihan. Seperti dapat mengobati penyakit asma, jantung dll

Sosialisasi saat itu diikuti 25 peserta. Menurut Khoerul, pembuatan produk disesuaikan dengan keadaan Desa Bumiaji, khususnya Dusun Beru. Sebab mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani dan peternak kambing.

Menurut dia, kelompoknya siap melakukan pendampingan jika masyarakat berminat melanjutkan program pengolahan permen susu tersebut.

“Tak hanya itu, kami juga berupaya untuk membantu pemasaran produk agar perputaran ekonomi terus berjalan,” katanya.

Permen susu itu diberi label Suka Tawa. Ditambahkan dia, kelompoknya telah bekerja sama dengan beberapa mitra kerja di sejumlah tempat. Sehingga jika masyarakat berminat memproduksi kembali, maka sudah tidak kesulitan pemasarannya.

Ketua RT 02, Nur Rokhimah menyatakan senang dapat program itu. "Sebab adik-adik KKN telah memberikan pelatihan seperti ini," ujarnya. Namun jika ingin melanjutkan program ini harus memikirkan modal dan pemasarannya.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko

 


Sumber: http://suryamalang.tribunnews.com/2016/07/28/permen-susu-kambing-etawa-hasil-kreasi-mahasiswa-universitas-muhammadiyah-malang
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image