Puskesmas Bululawang Gelar Webinar Cegah Covid-19

Author : Administrator | Rabu, 22 Juli 2020 14:30 WIB | Times Indonesia - Times Indonesia

 

TIMESINDONESIA, MALANG – Petugas Promkes Puskesmas Bululawang Kabupaten Malang bersama Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang menggelar webinar mengenai protokol pencegahan Covid-19 di SMA Negeri 1 Bululawang Malang, Rabu (15/7/2020).

Webinar ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi baru SMAN 1 Bululawang yang dibagi menjadi 4 sesi dalam dua hari. Pada webinar ini dihadiri oleh 340 siswa baru.

 

Sebagai informasi Puskesmas Bululawang merupakan fasilitas kesehatan tingkat 1, tentunya harus memiliki dan melaksanakan program-program pencegahan sebagai upaya pemutusan rantai persebaran COVID-19. Salah satu program tersebut yakni pelaksanaan Webinar “Tanggap COVID-19” kepada peserta didik baru SMA Negeri 1 Bululawang. Mengingat kalangan remaja merupakan salah satu bagian dari masyarakat yang berisiko terpapar COVID-19.

Siti Kholisah, petugas Promkes Puskesmas Bululawang melaksanakan tugas berdasarkan disposisi dari Kepala Puskesmas (Bambang Pujaswendro) untuk melaksanakan penyuluhan dan pengetahuan mengenai covid-19 pada peserta didik baru di SMAN 1 Bululawang. Dalam webinar dijelaskan mulai dari gejala, cara penularan, pencegahan, hingga langkah-langkah menjaga perilaku hidup bersih dan sehat dalam mencegah persebaran virus COVID-19.

Kepala Sekolah SMAN 1 Bululawang (Sulaiman), sengaja memberikan kesempatan dan menyediakan sarana prasarana dalam mengadakan kegiatan webinar bagi peserta didik baru di sekolahnya. Webinar ini di pandu oleh petugas Promkes Puskesmas Bululawang yang dibantu oleh OSIS SMAN 1 Bululawang.

Pada setiap akhir sesi juga dilaksanakan diskusi yang dipandu oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang. Para peserta didik diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan apapun yang berhubungan dengan covid-19. Dalam acara ini membuktikan tingginya antusiasme para peserta didik baru karena muncul begitu banyak pertanyaan perihal pengetahuan covid-19 dari media social bahwa hal tersebut termasuk hoaks, mitos atau kenyataan.

Dalam webinar ini dijelaskan semua hal mengenai covid-19 agar para siswa paham sehingga dapat  menurunkan kepanikan dan tingkat kecemasan. Dimana kondisi psikis yang tidak sehat bisa menurunkan imunitas siswa-siswi. Webinar ini diharapkaan bisa menambah wawasan dan kesadaran siswa-siswi SMAN 1 Bululawang akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan serta tidak takut berlebihan dan tetap waspada selama pandemi COVID-19.

Dinas Kesehatan Kabupaten Malang menyambut hangat dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Bululawang dalam upaya memutus rantai penularan covid-19 dengan intervensi melalui institusi pendidikan.

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/285432/puskesmas-bululawang-gelar-webinar-cegah-covid19
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared: