Menteri Keuangan RI Jabarkan Visi Indonesia 2045 kepada Mahasiswa UMM

Author : Administrator | Senin, 14 Oktober 2019 10:09 WIB | Times Indonesia - Times Indonesia

 

 

TIMESINDONESIA, MALANG – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati memberikan orasi ilmiah kepada ribuan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Dome UMM, Malang, Jawa Timur, Kamis (10/10/2019).

Wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia itu memaparkan grand tema akselerasi daya saing melalui inovasi dan penguatan kualitas SDM untuk menyongsong Indonesia maju.

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani memberikan motivasi kepada mahasiswa yang hadir memenuhi gedung bundar Dome UMM.

Sri Mulyani berbicara visi Indonesia di 2045. Pada tahun itu, Indonesia akan merayakan kemerdekaannya yang ke 100 tahun.

"Kita perlu melihat tantangan Indonesia saat ini. Apa peranan instrumen keuangan untuk mencapai itu semua," katanya.

Dalam satu kajiannya, lanjutnya, Bappenas membuat proyeksi kira-kira Indonesia di tahun 2045 akan seperti apa.

 

Pada saat itu, populasi Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 319 juta orang. Jika sekarang sekitar 267 juta, berarti Indonesia masih bertambah populasinya.

"Ini adalah proyeksi. Kalau mau mencapai itu, tentu ada prasyaratnya seperti SDM, kualitas infrastruktur dan membangun kapasitas teknologi," beber Sri Mulyani.

Ia menjelaskan bahwa Indonesia punya potensi yang besar untuk mencapainya.

Tentu, sambung Sri Mulyani, potensi yang ada akan berhadapan dengan beberapa tantangan. Pertama, lingkungan global. Kedua, percepatan ekonomi dan ketiga tekanan dan ancaman perubahan iklim.

"Saya juga berharap UMM menjadi salah satu perguruan tinggi yang berkontribusi menghadapi tantangan ke depan. Jangan pernah lelah mencintai Indonesia," tutur Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati di depan ribuan mahasiswa UMM. (*)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image