KKN 21 UMM Gelar Pengobatan Gratis dan Penyuluhan Hipertensi untuk Lansia

Author : Administrator | Senin, 12 Agustus 2019 11:16 WIB | Times Indonesia - Times Indonesia

TIMESINDONESIA, MALANG – Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata 21 Universitas Muhammadiyah Malang (KKN 21 UMM) sukses mengadakan kegiatan cek kesehatan dan pengobatan gratis, serta penyuluhan hipertensi bagi lansia di Desa Sukoanyar, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

Dengan menyediakan 300 kupon, dalam pelaksanaan kegiatan ini kelompok KKN 21 UMM bekerja sama dengan tim TBMM Nurul Qolbi FK UMM yang bertempat di Balai Desa Sukoanyar. Setelah kegiatan pengobatan gratis kelompok KKN 21 UMM melanjutkan dengan penyuluhan hipertensi kepada lansia di Posyandu.

Program kerja yang dilaksanakan pada (8/8/2019) lalu ini bertujuan memberikan informasi perihal hipertensi kepada lansia yang mayoritas warga di desa tersebut masih memerlukan pelayanan kesehatan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu deteksi dini dan melakukan tindakan kuratif bagi masyarakat Desa Sukoanyar.

“Kami selaku panitia menyediakan 300 kupon yang terdiri dari 150 kupon pengobatan dan 150 kupon cek kesehatan keduanya kami berikan secara gratis," ujar Wahyu Setiawan selaku ketua pelaksana program ini.

 

Lebih lanjut dijelaskannya, tujuan dari 2 kupon yang berbeda ini supaya tidak hanya warga yang sakit saja yang bisa mendapat pelayanan pengobatan ini, tetapi warga yang sehat pun juga bisa datang untuk mengecek kesehatannya. 

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh panitia atas kerja kerasnya dalam mendukung kelancaran kegiatan," ucapnya.

Perihal alur pelayanan cek kesehatan dan pengobatan gratis ini, Wahyu menguraikannya. Dimulai dengan melakukan registrasi ke pos anamnesis untuk dilakukan wawancara medis awal dan pemeriksaan TTV (tensi, nadi, respiratory rate, dan suhu tubuh). Pasien selanjutnya menuju ke ruang periksa dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan diagnosis serta terapi (pemberian obat). Kemudian menuju ke pos farmakologi untuk pengambilan obat yang akan disiapkan oleh tim medis. (*)

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/224502/20190809/174541/kkn-21-umm-gelar-pengobatan-gratis-dan-penyuluhan-hipertensi-untuk-lansia/
Shared: