Begini Cara KKN 09 UMM Atasi Hama di Dusun Kedampul

Author : Administrator | Rabu, 11 September 2019 10:31 WIB | Times Indonesia - Times Indonesia

 

TIMESINDONESIA, MALANG – Hama menjadi musuh utama pada petani. Mengatasi hal itu KKN 09 UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) menggelar penyuluhan pada warga Dsn Kedampul, Desa Duwet Kecamatan Tumpang, Kab Malang, Kamis (1/8/2019).

Kegiatan tersebut didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan Yaris Adhial Fajrin S.H., M.H. Kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian nyata yang dilakukan untuk membantu masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani dalam penanganan masalah hama.

Penyuluhan ini sejalan dengan observasi yang dilakukan oleh kelompok KKN 09 kepada beberapa RT/RW, tokoh masyarakat dan kelompok tani Dsn Kedampul.

Salah satu peserta dan sekaligus ketua RT 02 Budi berpendapat penyuluhan penangan Hama sangatlah baik selain menambah wawasan, materi yang disampaikan sendiri juga sejalan dengan yang dihadapi oleh para petani.

“Kegiatan penyuluhan sangat membantu kami untuk mengetahui cara yang tepat penanganan hama, dan materi yang disampaikan pun sesuai dengan jenis-jenis hama yang menyerang di lahan pertanian warga”, ujar Budi.

Ia berharap penyuluhan penanganan hama dapat membantu petani dalam meminimalisir serangan hama terhadap tanaman petani.

Salah satu jenis hama yang cukup merepotkan dan menjadi momok para petani adalah wirus kuning dikarenakan mayoritas petani Dsn Kedampul banyak yang menanam cabai maka penyakit wirus kuning sangatlah merugikan mereka.

Seniwi selaku pemateri memaparkan bahwa wirus kuning itu sendiri ditularkan melalui kutu kebul yang mana penularanya akan meningkat seiring dengan banyaknya serangga yang terdapat pada tanaman.

“Petani dusun Kedampul cukup banyak yang penasaran bagaimana cara penanganan hama wirus kuning biasanya para petani lebih condong menggunakan pestisida kimia untuk penangananya namun penggunaan pestisida juga masih belum begitu manjur untuk penanganan wirus kuning,  akan lebih baik jika dalam penaganannya para petani lebih mengedepankan benih unggul yang tahan akan penyakit wirus kuning dan melakukan eradikasi yaitu pembuangan tanaman yang terserang penyakit,” ujarnya.

Dengan diadakannya Penyuluhan Penanganan Hama dari KKN 09 UMM ini, masyarakat Kedampul bisa lebih mengetahui bagaiamana cara menangani hama sampai tuntas. (*)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image