UKM Binaan UMM Menarik Minat Mahasiswa Asing

Author : Administrator | Kamis, 02 Juli 2015 21:35 WIB | Surya - Surya

URYA.CO.ID | MALANG – Tiga Usaha Kecil Menengah (UKM) yang telah bermitra dengan Uiversitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendapat kunjungan 10 mahasiswa asing yang mengikuti program musim panas Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC) yang digelar UMM, Kamis (2/7/2015).

Asisten Rektor Bidang Kerjasama Luar Negeri, Suparto menjelaskan, EntreVolution dilakukan untuk membangkitkan semangat enterpreunership sehingga dilakukan kegiatan terjun langsung ke UKM.

“Nanti dapat dilakukan diskusi untuk memberikan bantuan teknis, tetapi lebih pada bantuan manajemen administrasi, membandingkan dengan sistem kewirausahaan di daerah asal mereka,” paparnya.

Enterpreunership saat ini menjadi isu kuat di UMM. Mahasiswa saat ini dirasa belum cukup peduli dengan enterpreunership, untuk itu universitas seringkali mengirim mahasiswa maupun dosen keluar negeri untuk membangun jaringan.

“Seperti yang kita tahu nilai tukar rupiah di Indonesia masih rendah. Untuk membangkitkan semangat wirausaha dengan jalinan networking dengan teman di berbagai negara sangat dibutuhkan," ujar Suparto.

Saat ini kami juga mengirim 10 mahasiswa ke Tiongkok untuk Summer Camp 2 minggu. Tapi ini memakai dana universitas, kalau organisasi mahasiswa mengadakan pertukaran mahasiswa biasanya memakai dana mandiri tanpa universitas,” jelasnya.

Ketua Pelaksana, Dian Kresnawan menjelaskan, program entrevolution diikuti mahasiswa dari Belanda, Maroko, Mesir, Rusia dan Vietnam. Mereka akan tinggal di Indonesia paling lama 3 bulan, 60 persen materi pembelajaran tentang budaya dan kewirausahaan di Malang.

Entrevolution akan diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya Ledpreneur, Charity, Exchange Master Class, Liveware Seminar, Visit SME, Visit School, Global Village Expo, dan Entre Goes to Village.

"Untuk kegiatan sekolah kami sudah bekerja sama dengan SMK Muhammadiyah 2, SMK Telkom dan SMKN 3 Malang," tutupnya.

Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2015/07/02/ukm-binaan-umm-menarik-minat-mahasiswa-asing
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image