Rima Nabila Dian Agustin, Mahasiswi Psikologi UMM yang Mahir Berbahasa Inggris, Jerman dan Korea

Author : Administrator | Selasa, 10 September 2019 12:36 WIB | Surya - Surya

 

SURYAMALANG.COM, DAU - Rima Nabila Dian Agustin dinobatkan sebagai juara 1 Duta Bahasa Jawa Timur 2019.

Mahasiswa jurusan Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendapat predikat Duta Bahasa Jawa Timur 2019.

 

Sedang di tingkat nasional, Rima mendapat juara harapan 1. Meski tak menjadi yang terbaik, Rima ingin menginternasionalisasi Bahasa Indonesia.

Saat ini ia mempersiapkan diri menjadi duta Bahasa Indonesia bagi penutur asing. Dengan modal tiga bahasanya, ia yakin bisa mengglobalkan Bahasa Indonesia.

Untuk menjadi juara 1 Duta Bahasa Jatim, ia mengaku sudah tiga kali ikut kompetisi ini.

"Pertama ikut pada 2017 sampai 2019," kata Rima kepada Suryamalang.com, Selasa (27/8/2019). Kekurangan di tahun-tahun sebelumnya bisa diperbaiki sehingga bisa meraih puncak juara.

Duta Bahasa mengikuti kebijakan dari Kemendikbud tentang Trigatra Bangun Bahasa, yakni mengutamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan kuasai Bahasa Asing.

Ini sebagai bentuk penilaian di ajang itu. Selain berbahasa Indonesia, Rima menguasai Bahasa Inggris, Jerman dan Korea. Ia juga bisa menari Tari Bapang Malangan dan nyinden.

Hal ini membuatnya mendapat penilaian tinggi. "Saya tidak pernah belajar khusus kesenian daerah. Maka saya belajar otodidak dari youtube," ungkap anak dari Nahar Wibowo dan Etty Yuliartanti ini.

Ternyata hasil belajarnya tidak sia-sia. Sehingga tahapan-tahapan seleksi di kegiatan Duta Bahasa bisa dilakoni.

Rima juga aktif dalam kegiatan kebahasaan yang dilaksanakan saat KKN dengan membuat Program Teater Anak Pintar (TENAR). Juga membuat buku Aktifitas yang berisi cerita rakyat dan lagu-lagu nasional, dengan bertujuan meningkatkan budaya literasi.

Sedang kemampuan Bahasa Koreanya ternyata didapat dari kegemarannya nonton drama Korea. Berbeda dengan penguasaan Bahasa Jerman yang diperoleh sejak SMA.

Beberapa prestasi lainnya adalah Duta Mahasiswa Genre Putri Kota Malang, Wakil 1 Kakang Mbakyu Kota Malang, Putri Kampus UMM 2018 dan Putri Taruna Nusantara Jawa Timur 2019.


 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image