Professor dari UMM Berbagi Cara Cuci Residu Kimia Pertanian

Author : Administrator | Jum'at, 20 Maret 2015 22:39 WIB | Surya - Surya
Professor dari UMM Berbagi Cara Cuci Residu Kimia Pertanian
SURYA.co.id/Iksan Fauzi
Profesor Dr Ir Indah Prihartini dari Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

SURYA.co.id | BATU - Professor Dr Ir Indah Prihartini dari Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memaparkan teknologi melawan zat kimia di dalam tanah kepada Tim Percepatan Pertanian Organik Pemkot Batu, Jumat (20/3) siang.

Kata Indah, teknologi yang bisa mempercepat program pertanian organik dengan kondisi lahan pertanian di Kota Batu sudah jenuh zat kimia adalah memasukkan teknologi deremediasi.

Fungsi teknologi itu adalah memediasi ulang atau mencuci sisa-sisa dari residu kimia yang dihasilkan pupuk, pestisida, maupun fungida menjadi bahan organik.

“Bahan organik itu nantinya dimakan oleh mikroba itu sendiri atau mikroba lain,” katanya.

Deremediasi menghasilkan residu di lahan pertanian. Sebetulnya, kalau residu bisa diturunkan secara signifikan, otomatis bahan organik meningkat, PH (keasaman) meningkat membuat lahan pertanian gembur, sehingga menjadi media yang baik untuk tanaman.

“Nanti produk pertanian pasti meningkat,” ujar Indah.

Menurutnya, residu itu mengandung senyawa kimia yang bisa diputus-putus biar tidak berbahaya dan itu menjadi makanan organik di dalam tanah. “Organismenya menjadi aktif,” terangnya.

Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2015/03/20/professor-dari-umm-berbagi-cara-cuci-residu-kimia-pertanian
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image