Inilah Jalan Mudah menjadi Pengusaha

Author : Administrator | Minggu, 22 Maret 2015 19:30 WIB | Surya - Surya

Khairul Amin
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
@amin45aja

SEKITAR 225 mahasiswa dan alumni Universitas Muhammadiyah (UMM) Malang dan Universitas Brawijaya (UB) antusias mengikuti pelatihan kewirausahaan jarak jauh bagi sumber daya manusia KUMKM, Minggu (8/3). Peserta dibagi lima kelas dengan sekitar 40 peserta di setiap kelas untuk melahap tiga materi yang diberikan.

Di kelas keempat, disuguhkan materi manajemen wirausaha oleh Ajeng, pengusaha muda kreatif dan pegawai di Balai Pelatihan Teknologi Pertanian, Ketindan (Malang), Dr Atim Djazuli, SE MM (dosen Fakultas Ekonomi UB) memaparkan Pengelolaan Keuangan dan Pembukuan Sederhana UKM. Sementara topik dunia wirausaha disampaikan oleh pengusaha Iis Muhibah SPd Msi.

Ketiga pemateri sepakat, dalam dunia wirausaha perlu memegang teguh prinsip; kuatkan niat, memulai, berani menanggung risiko, penuh perhitungan, tidak cepat puas dan putus asa, optimistis, penuh keyakinan, selalu berpikir kreatif, serta berpikir diluar kebiasaan. Pemetaan sumberdaya modal dan penertiban dalam administrasi juga menjadi kunci kesuksesan dalam berwirausaha.

Pada sesi terakhir di acara yang didukung Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia melalui Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia itu seluruh peserta kembali disatukan. Teriakan riuh peserta meledak saat mengetahui akan mendapat bantuan dana wirausaha.

Dana dari Kementrian Koperasi sebesar Rp 5 juta hingga Rp 25 juta per proposal wirausaha untuk proposal yang layak dan memenuhi kriteria Kementerian Koperasi. Rentang waktu pengajuan proposal ditetapkan satu bulan dari acara ini, yakni hingga  awal April 2015 nant

Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2015/03/22/inilah-jalan-mudah-menjadi-pengusaha
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image